Yokohama Luncurkan Dua Ban Berperforma Tinggi
TEMPO.CO | 17/11/2020 06:16
Yokohama Geolandar CV G058. (Yokohama Indonesia)
Yokohama Geolandar CV G058. (Yokohama Indonesia)

TEMPO.CO, JakartaPT YHI Indonesia, Sole Distributor ban merek Yokohama di Indonesia, meluncurkan dua ban sekaligus yakni BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058 Senin, 16 November 2020. Perusahaan mengklaim kedua ban yang mengusung teknologi asal Jepang ini menawarkan berbagai keunggulan dalam hal performa berkendara di berbagai permukaan jalan dan juga kenyamanan.

Deputy General Manager PT YHI Indonesia, Eka Satria, mengatakan bahwa kedua ban terbaru Yokohama memiliki keunggulan di kelasnya masing-masing. Ban Yokohama BluEarth-GT AE51 merupakan ban bagi mobil-mobil Grand Touring (GT) yang tak hanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh tapi juga untuk pemakaian harian di perkotaan.

“Sementara Yokohama Geolandar CV G058 ditujukan untuk mobil-mobil di kelas Mid-Size dan Crossover SUV yang membutuhkan ban untuk performa terbaik di berbagai kondisi jalan,” ujar Eka Satria, Deputy General Manager PT YHI Indonesia.

Ban BluEarth-GT AE51. (Yokohama Indonesia)

BluEarth-GT AE51
Ban Yokohama BluEarth-GT AE51 merupakan penerus dari BluEarth-A AE50. Hadir pertama kali di Jepang pada 2019 sebagai ban yang menyuguhkan keunggulan efisiensi bahan bakar, performa yang baik di berbagai kondisi, termasuk di jalan basah maupun kering.

Soal kenyamanan, BluEarth-GT AE51 menawarkan kesenyapan di berbagai permukaan jalan. Ban ini digunakan sebagai Original Equipment Manufacturers oleh sejumlah merek seperti Lexus, Toyota, dan Mazda.

Ban BluEarth-GT AE51 memiliki pola telapak asimetris (Asymmetric Pattern) yang dikembangkan secara khusus sehingga mampu menyuguhkan pengendaraan yang nyaman di sisi dalam sekaligus pengendalian yang hebat di sisi luarnya. 

Tiga garis di bagian tengah (Triple Centre Rib) memastikan stabilitas pada kecepatan tinggi, dan alur garis menyerupai petir (Lightning Grooves) dapat meningkatkan traksi hingga ke tepi alur, sehingga kemampuannya di permukaan basah istimewa. Sementara guratan potongan pisau (Blade Cut Sipes), memberikan efek “rigid” untuk peningkatan kestabilan berkendara. 

Dalam hal efisiensi bahan bakar, telah berhasil ditingkatkan berkat penggunaan  compound telapak dua-lapis terkini yang mampu menekan kehilangan energi karena panas yang dihasilkan, profil samping yang dapat mengurangi distorsi, serta desain bahu dengan relung kecil yang memfasilitasi pembuangan panas.

Penggunaan compound terkini pada ban BluEarth-GT AE51 ini merupakan hasil teknologi pencampuran karet “A.R.T. Mixing” (Advanced Reaction Technology in Mixing) terbaru. Teknologi ini menggunakan Nano-blend rubber (termasuk silika ganda dan polimer campuran) yang mampu memberikan keseimbangan tertinggi kinerja cengkeraman di kondisi basah dengan efisiensi bahan bakar. 

Yokohama BluEarth-GT AE51 diproduksi dalam 66 ukuran, dimulai dari ring 14 hingga ring 19. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan bandrol harga mulai Rp 1 jutaan.

Geolandar CV G058 
Ban Yokohama Geolandar CV G058 diperuntukkan sebagai ban untuk mobil-mobil Mid-Size dan Crossover SUV. 

Eka menyampaikan bahwa segmen crossover dan SUV saat ini mengalami tren peningkatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. “Selain juga dengan mempertimbangkan kebutuhan ban yang memiliki performa hebat di segala medan dan kondisi, karena itulah kami menganggap Geolandar CV G058 merupakan produk yang cocok untuk pasar Tanah Air,” ujar Eka.

Geolandar CV G058 sendiri merupakan penerus ban Geolandar SUV G055 yang pertama kali diluncurkan pada 2012. Sebagaimana pendahulunya yang memiliki kemampuan hebat dalam pengendaraan di dalam kota, produk terbaru ini kini memiliki kemampuan sebagai ban All Season yang menyuguhkan kenyamanan dalam perjalanan jauh.

Selain itu, untuk memperbaiki nilai keselamatan dan kesenyapannya, secara keseluruhan, performa yang dihadirkan oleh Geolandar CV G058 juga ditingkatkan dengan mempertinggi daya tahan dan efisiensi bahan bakar yang dimiliki.

Pola telapak ban Geolandar CV G058 menampilkan beberapa alur khas Yokohama, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi. Pola telapak ini menggabungkan beberapa teknologi Yokohama yang dapat meningkatkan performa keseluruhan.

Alur ini untuk meningkatkan daya tahan ban terhadap keausan yang tidak rata sekaligus meningkatkan traksi di jalan yang basah dan bahkan jika menemui jalanan tertutup salju. Penggunaan empat alur kombinasi di bagian tengah telapak juga dapat lebih meningkatkan traksi sekaligus mencegah gejala hydroplaning. Selanjutnya penggunaan variasi lima pola telapak juga dapat memangkas kebisingan.

Penggunaan compound baru yang didasarkan pada teknologi silika mutakhir milik Yokohama berkontribusi pada pengemudian yang stabil di berbagai kondisi jalan, termasuk jalan dengan suhu permukaan rendah yang disebabkan oleh hujan atau bahkan salju.

Selain itu, profil yang baru dikembangkan menghasilkan bentuk kontak yang lebar dan datar yang selanjutnya meningkatkan daya tahan ban dan ketahanan terhadap keausan yang tidak merata. 

Ban mobil ini memiliki 43 ukuran mulai dari ring 15 hingga ring 20. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan bandrol mulai dari Rp 2 jutaan.




REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT