Mobil Alfa Romeo BAT Konsep Legendaris Segera Dilelang
TEMPO.CO | 22/10/2020 19:46
Tiga mobil sedan konsep Alfa Romeo BAT bakal dilelang di balai lelang RM Sotheby. Mobil konsep legendaris buatan 1950-an. FOTO: Top Gear/RM Sotheby’s
Tiga mobil sedan konsep Alfa Romeo BAT bakal dilelang di balai lelang RM Sotheby. Mobil konsep legendaris buatan 1950-an. FOTO: Top Gear/RM Sotheby’s

TEMPO.CO, Jakarta - Tiga mobil konsep Alfa Romeo BAT yang tersohor membuat kabar baru. Trio konsep ini dirancang Franco Scaglione dan dibangun oleh Carrozzeria Bertone pada 1950-an.

Ketiga sedan Alfa Romeo itu memiliki bentuk paling ikonik dari sejarah otomotif. Secara resmi diberi nama seri Berlina Aerodinamica Tecnica 1953 BAT 5, 1954 BAT 7, dan 1955 BAT 9d adalah bentuk studi teknis aerodinamika.

Lihatlah lampu depan pop-out pada BAT 5, ukuran sirip pada BAT 7, dan bentuk tetesan air mata ketiganya.

Tanpa atas salah satu dari tiga mobil konsep Alfa Romeo BAT keluaran 1950-an. Bentuknya yang ikonik membuatnya melegenda. FOTO: Top Gear/RM Sotheby's

Bisa dibayangkan bagaimana ketiganya menyebabkan kehebohan pada medio 1950-an. Mobil konsep Alfa Romeo BAT itu sejatinya didasarkan pada saloon standar Alfa 1900 dengan semburan tenaga kurang dari 43 bhp.

Dikutip Top Gear pada Kamis, 22 Oktober 2020, semula Ketiganya telah dimiliki seorang kolektor pribadi sejak 1989. Ketika itu dia memanfaatkan kunjungan Nuccio Bertone ke Pebble Beach Concours d'Elegance. Kolektor tadi meminta ketiga pemiliknya agar mau menjual.

Sekarang tiga Alfa Romeo BAT akan dijual lagi, atas izin balai lelang RM Sotheby. Belum ada kepastian berapa harga yang akan ditawarkan untuk trio mobil konsep itu.

Ada yang berminat?


TOP GEAR


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT