Mobil Listrik Dacia Spring Bakal Jadi yang Termurah di Eropa
TEMPO.CO | 20/10/2020 08:21
Dacia, produsen mobil Rumania di bawah Renault, meluncurkan mobil listrik sepenuhnya, Dacia Spring. Mobil ini berpeluang menjadi mobil listrik termurah di Eropa. FOTO: Antara
Dacia, produsen mobil Rumania di bawah Renault, meluncurkan mobil listrik sepenuhnya, Dacia Spring. Mobil ini berpeluang menjadi mobil listrik termurah di Eropa. FOTO: Antara

TEMPO.CO, JakartaMerek mobil Romania, Dacia, memulai babak baru dalam bisnis dengan memperkenalkan Dacia Spring, mobil listrik sepenuhnya (full EV).

Dacia Spring digadang-gadang menjadi mobil listrik termurah di pasar Eropa dengan harga di bawah 21.000 euro (Rp 364,5 juta).

Mobil listrik Dacia Spring mulai dijual pada 2021, sedangkan harga resminya akan diumumkan tak lama lagi.

Dacia adalah merek lama yang kini dimiliki Grup Renault, Prancis. 

Mobil listrik di Eropa rata-rata dijual di atas 25.000 euro. Saat ini ada dua mobil dengan harga mendekati Dacia Spring, yakni Skoda Citigo-E dan SEAT MII seharga 21.000 euro.

Mobil listrik Dacia Spring konsepnya telah dipresentasikan pada Maret 2020, yaitu SUV (sport utility vehicle) perkotaan. Namun, bisa dioperasikan sebagai kendaraan kargo untuk perjalanan jarak jauh.

"Spring adalah sebuah revolusi: sebagai city car listrik dengan harga terjangkau di pasaran Eropa, membuat mobilitas listrik menjadi lebih mudah diakses," demikian pernyataan di laman resmi Dacia yang dikutip Antara hari ini, Selasa, 20 Oktober 2020.

Dacia Spring menawarkan ruang kabin lapang dengan pengoperasian mesin listrik yang sederhana. Mobil lisyrik itu diklaim dapat melaju sejauh 225 km untuk pengisian daya penuh yang bisa dilakukan baik secara AC (plug-in) maupun DC (baterai).

Untuk mengisi 80 persen kapasitas baterai, hanya diperlukan waktu 1 jam melalui arus DC. Sedangkan untuk pengisian penuh secara AC diperlukan waktu 5 jam.

Mobil dengan motor listrik 33kW dengan power 44HP ini berkecepatan maksimal 125 km/jam.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT