Daihatsu Hijet Kini Dibekali Fitur Penghindar Tabrakan
TEMPO.CO | 13/10/2020 06:04
Daihatsu Hijet Truck 2020. (Daihatsu)
Daihatsu Hijet Truck 2020. (Daihatsu)

TEMPO.CO, JakartaMasih Ingat dengan Daihatsu Hijet? Model ini masih dipasarkan di Jepang. Model terbarunya meluncur pada 27 Agustus 2020 di negeri Sakura itu. Ada tiga varian Hijet yang ditawarkan kepada konsumen yakni Hijet Truck, Hijet Cargo, dan mobil penumpang Hijet Atari Wagon.

Ketiganya kini mendapatkan pembaruan berupa penambahan fitur Smart Assist Illt. Daihatsu mengklaim fitur ini merupakan yang pertama disematkan pada kendaraan sejenis di kelasnya. 


Ini adalah fitur penghindar tabrakan yang ditujukan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas di jalan raya, juga untuk menghindari kecelakaan pada pejalan kaki. Smart Assist Illt memanfaatkan sensor dan kamera yang memberikan informasi kepada sistem untuk memperlambat laju mobil mobil saat mendeteksi potensi terjadinya kecelakaan. Sehingga, risiko terjadi kecelakaan atau kerusakan dapat diminimalisasi.

Sistem peringatan tabrakan ini bekerja pada kecepatan 4 km/jam hingga 100 km/jam untuk kendaraan, dan 4 km/jam hingga 50 km/jam untuk pejalan kaki.

Daihatsu Hijet Cargo 2020. (Daihatsu)

Model terbaru Hijet ini juga dipasarkan sejumlah fitur keselamatan pendukung seperti VSC dan TRC, Emergency Stop Signal, Hil-hold System (khusus Hijet bertransmisi otomatis), hingga penyerap infra-red dan ultra-violet pada kaca depan dan kaca jendela depan.

Kendaraan niaga Hijet telah diluncurkan sejak tahun 1960, dan sejak saat itu, Hijet mendapat sambutan yang positif dari masyarakat di Jepang, khususnya pelanggan yang bekerja di bidang industri seperti pertanian, konstruksi, transportasi, dan jasa. Tingginya permintaan serta popularitas mobil ini, membuatnya diproduksi lebih dari 7 Juta unit sejak diluncurkan pertama kali dan telah memasuki model generasi ke-10 hingga saat ini. 

Pada kendaraan Hijet Truck, mobil ini mendapat penyegaran dan desain ulang secara total pada September 2014 lalu. Pembaruan sebagian fiturnya pada Mei 2018 dengan menambahkan fitur baru seperti penghindar tabrakan terbaru, yakni Smart Assist IIIt, menjadikan mobil ini sebagai kendaraan niaga pertama yang tercanggih di kelasnya. Lalu, pada Hijet Cargo, mobil ini juga disukai oleh pelanggan karena kemudahan dalam penggunaannya, terutama saat melakukan bongkar muat barang. 

Daihatsu Hijet Atari Wagon. (Daihatsu)

Sedangkan untuk Atrai Wagon merupakan kendaraan berpenumpang yang berbasis Hijet Cargo. Mobil Ini memiliki fungsi yang serbaguna dan sering digunakan pada aktivitas yang bervariasi, mulai dari aktivitas sehari-hari, keperluan bisnis, hingga rekreasi. 

Ketiga kendaraan ini, mulai dari Hijet Truck, Hijet Cargo, dan Atrai Wagon, tersedia dalam berbagai varian sesuai dengan tujuan penggunaan dan kebutuhan pelanggan. Pembaruan fitur keselamatan juga telah ditingkatkan pada ketiga model Daihatsu yang dipasarkan di Jepang ini, termasuk tingkat efisiensi bahan bakar telah diubah menjadi mode WLTC (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Cycle), sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku setempat.




REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT