Daimler India Capai Produksi ke-100 Bus Sekolah FUSO BA
TEMPO.CO | 22/09/2020 08:18
Bus sekolah dan karyawan merek FUSO BA buatan Daimler India untuk pasar UEA. Sudah mencapai produksi ke-100 unit. FOTO: Bisnis
Bus sekolah dan karyawan merek FUSO BA buatan Daimler India untuk pasar UEA. Sudah mencapai produksi ke-100 unit. FOTO: Bisnis

TEMPO.CO, Jakarta - Bus Daimler India telah mencapai produk ke-100 unit bus sekolah dan karyawan  FUSO BA untuk pasar Uni Emirat Arab alias UEA.

Bus merek FUSO BA ukuran 9 ton itu diproduksi untuk pasar ekspor sejak Oktober 2019.

"Bus FUSO pertama yang dibangun di India telah melewati tonggak sejarah produksi 100 unit," kata Presiden dan CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTB) Hartmut Schick dalam keterangan pers pada Senin, 21 September 2020.

Produksi bus sekolah dan karyawan FUSO BA merupakan langkah lebih lanjut dalam kolaborasi di bawah kemitraan Daimler Trucks Asia melalui tiga anak usahanya, yakni MFTBC, DICV, dan EvoBus.

Strategi penjualan untuk produk baru itu diatur oleh MFTBC dan EvoBus, sedangkan DICV mengawasi desain dan proses produksi.

Penjualan bus sekolah FUSO BA di UEA ditangani Al Habtoor Motors, yang telah menjadi distributor umum FUSO sana sejak 1983.

Produk ini dikembangkan sebagai tanggapan atas permintaan pelanggan akan kendaraan yang mampu mengangkut lebih dari 30 penumpang.

Sejak penjualan perdana pada Desember 2019, jumlah bus BA yang diproduksi untuk pasar UEA kini telah melewati 100 unit. Produksi kumulatif bus sekolah itu direncanakan mencapai 800 unit pada akhir 2023.

Bus FUSO BA, yang meniru Bus Staf BharatBenz, dapat menampung 36 penumpang dan dirancang untuk memenuhi permintaan lokal untuk transportasi pelajar dan karyawan.

Penerapan model ini memungkinkan komersialisasi kendaraan untuk kebutuhan perkotaan dan industrialisasi.

Bus tersebut dilengkapi dengan mesin ekonomis 3,9 liter 4D37 4 silinder yang sesuai dengan norma emisi Euro V. Semua kursi dilengkapi dengan pelapis tahan api dan sabuk pengaman 3 titik untuk meningkatkan keselamatan penumpang.

Palka atap bus sekolah dan karyawan FUSO buatan Daimler tersebut juga memungkinkan ventilasi darurat atau evakuasi. Untuk menyesuaikan dengan kondisi musim panas yang ekstrim, BA juga dilengkapi AC berkapasitas tinggi.

Spesifikasi Bus Fuso BA
-GVW: 9,6 ton
-Mesin (keluaran): 4D37 (125kW / 170hp pada 2500 rpm)
-Transmisi: MO36 (6 maju, 1 kecepatan mundur)
-Kapasitas: 37 (36 penumpang + supir)
-Panjang / lebar / tinggi keseluruhan: 9.080mm / 2.350mm / 3.137mm
-Suspensi: Pegas daun parabola dengan peredam kejut di depan dan belakang
-Rem: Rem drum yang dioperasikan secara pneumatik dengan sistem pengereman antilock.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT