Ford Ranger Mobil Buatan Amerika Nomor 1, Kalahkan Chevrolet Corvette
TEMPO.CO | 19/09/2020 14:49
Ford Ranger Raptor dihadirkan dalam pameran Bangkok International Motor Show yang ke-41 di Bangkok, Thailand, 14 Juli 2020. REUTERS/Jorge Silva
Ford Ranger Raptor dihadirkan dalam pameran Bangkok International Motor Show yang ke-41 di Bangkok, Thailand, 14 Juli 2020. REUTERS/Jorge Silva

TEMPO.CO, JakartaFord Ranger harus berada di urutan teratas daftar jika ingin membeli mobil buatan Amerika.

Menurut penelitian Kogod School of Business American University yang dirilis Auto Blog pada Jumat, 18 September 2020, Ford Ranger menangguk nilai tertinggi bahkan mengalahkan Chevrolet Corvette.

Survei tahunan tersebut memperhitungkan berbagai macam faktor, termasuk persentase suku cadang buatan Amerika dan Kanada pada mobil yang disurvei tersebut.

Kriteria lainnya adalah di mana mobil dirakit, di mana kantor pusat perusahaan berada, dan siapa yang diuntungkan dari penjualan mobil itu.

Skor lantas diberikan.

Ford Ranger mendapat skor 85, 70 persen suku cadangnya dari Amerika Serikat atau Kanada. Yang menarik, Dodge Grand Caravan yang 74 persen suku cadangnya dari  Amerika atau Kanada dapat skor 64 dan bertengger di posisi ke-22. 

Penilaian itu muncul karena Fiat-Chrysler Automobiles (FCA) mendirikan kantor pusat Dodge di Amsterdam dan kantor keuangannya di London. Tapi pabrik Dodge tetap berbasis di Auburn Hills, Michigan.

Posisi kedua di bawah Ford Ranger adalah Chevrolet Camaro transmisi otomatis (83 poin). Sedangkan Camaro model stick-shifted pada posisi ke-7 (76 poin0 dengan alasan transmisinya impor dari luar negeri.

Sebanyak 64 persen suku cadang Chevrolet Corvette generasi ke-8 di pabrik Bowling Green, Kentucky, berasal dari Amerika Serikat atau Kanada.

Chevrolet Corvette pun menempati urutan ke-3 (skor 82). Posisi yang sama ditempati varian Chevrolet Colorado bertenaga bensin dan GMC Canyon.

Adapun varian diesel terikat di posisi ke-18.

Ford Mustang di posisi 8, lepas dari mesinnya empat silinder 2.3 liter atau V8 5.0 liter.

Adapun truk pickup Ford F-150 yang paling Amerika adalah model bertenaga 5.0 liter V8 dan di posisi 9.

Jeep Wrangler ada sejumlah posisi. Posisi ke-12 ditempati mesin 2.0 liter empat silinder, posisi ke-31 mesin V6 3.6 liter dan transmisi otomatis. Lalu di posisi ke-41 ada versi enam silinder dan transmisi manual.

Model pembakaran diesel tidak menjadi penilaian dalam penelitian ini.

Sebanyak 73 mobil di posisi bontot dengan 1 poin, seperti Audi A3, Jaguar F-Type, Porsche 911, dan Subaru WRX STI. Memang 100 persen komponen yang digunakan dari luar Amerika.

Studi American University juga mencantumkan persentase total kandungan domestik (TDC) di mobil buatan Amerika.

BMW membangun crossover dan SUV di South Carolina, tetapi TDC rata-rata 33,3 persen. Sedangkan mobil Subaru buatan Amerika (53 persen), naik dari semula 43,1 persen pada 2019.

Mobil Volvo tetap datar di 30 persen kandungan domestik. General Motors menduduki puncak daftar dengan 70,6 perden kandungan lokal, dan Ford serta FCA dengan masing-masing 67,6 persen dan 64,1 persen.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT