Mengenal Sistem Transmisi Otomatis Mobil Daihatsu
TEMPO.CO | 16/09/2020 08:50
All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyelenggarakan virtual workshop seputar transmisi otomatis kepada jurnalis. Termasuk pengetahuan dasar tentang tipe Hydraulic Automatic Transmission atau tipe transmisi otomatis konvensional yang dipakai di jajaran produk Daihatsu.

"Semoga workshop ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang lebih baik soal teknologi transmisi otomatis khususnya di mobil Daihatsu," kata Executive Coordinator Technical Service Division ADM Bambang Supriyadi dalam acara workshop virtual, Selasa, 15 September 2020.

Pada sesi pertama, ADM memberikan informasi dasar tentang sejumlah komponen dasar dan sistem transmisi bekerja. Setelah itu, informasi mengenai tipe-tipe transmisi. Di antaranya Continuous Variable Transmission atau CVT, Dual Clutch (semi otomatis, dan Hydraulic Automatic Transmission yang dipakai di produk Daihatsu.

Untuk CVT, perpindahan gigi dihasilkan melalui perubahan ukuran diameter sepasang pulley. Jadi drive dan pulley driven mengikuti putaran mesin. Sementara tipe dual clutch, merupakan transmisi manual yang bekerja menggunakan dua buah kopling ganda yang dikendalikan komputer.

"Untuk Daihatsu yang pakai Hydraulic, cara kerjanya menggunakan torque konverter yang mengubah tenaga mekanis dari mesin menjadi energi kinetis yang disalurkan ke roda," kata Technical Service Division Service Training Departement ADM,
Aji Prima Nurcahya dalam sesi workhsop tersebut.

Di dalam Hydraulic Automatic Transmission terdapat sejumlah komponen utama. Adalah torque converter, body valve, electronic control transmission, hingga planetary gear unit.

Singkatnya, untuk torque converter berfungsi meneruskan torsi dari mesin ke transmisi. Sekaligus meredam gaya vibrasi mesin dan drive train.

"Prinsip kerjanya, kipas angin A (pump impeller) mengalirkan energi ke kipas angin B. Sehingga kipas angin B bergerak tanpa perlu motor penggerak," tutur Aji.

Untuk body valve, secara umum dapat dikatakan sebagai pusat kontrol arah jalur fluida menuju ke mana ATF atau cairan transmisi akan mengalir. Sementara ECT atau electronic control transmission merupakan otak dari sistem otomatis. Bagian ini mengatur semua fungsi komponen agar bekerja teratur dan bersinergi.

Adapun komponen Planetary Gear Unit berfungsi sebagai media pengubah gear rasio sesuai dengan kombinasi roda gigi. Termasuk mekanisme kopling untuk memutus dan menghubungkan putaran gear.

Sebagai tambahan, berikut model Daihatsu yang telah menggunakan transmisi otomatis. Di antaranya, Daihatsu Sirion, Terios, Luxio, Sigra, Ayla, dan Xenia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT