Begini Penampakan Showroom Mobil Esemka di Boyolali
TEMPO.CO | 28/08/2020 16:28
Pikap Esemka Bma 1.2 dan 1.3 dipajang di showroom mobil Esemka yang berlokasi di dalam area pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. FOTO Esemka untuk Tempo
Pikap Esemka Bma 1.2 dan 1.3 dipajang di showroom mobil Esemka yang berlokasi di dalam area pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. FOTO Esemka untuk Tempo

TEMPO.CO, JakartaPT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), agen pemegang merek mobil Esemka, mulai memasarkan kendaraan jenis pikap Esemka Bima 1.2 dan 1.3 sejak 6 September 2019. Tepat bersamaan dengan peresmian pabrik perakitan oleh Presiden Joko Widodo di hari yang sama.

Pabrik perakitan itu berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini menempati lahan seluas 115 ribu meter persegi. Di salah satu bangunan di bagian depan, digunakan sebagai showroom untuk memajang kendaraan niaga Esemka Bima 1.2 dan 1.3.

Showoom mobil Esemka yang berlokasi di area pabrik perakitan PT Solo Manufaktur Kreasi, Boyolali, Jawa Tengah. Foto Esemka untuk Tempo

“Saat ini pembelian bisa langsung ke showroom di Boyolali,” kata Humas PT SMK Sabar Boedhi kepada Tempo, Jumat, 28 Agustus 2020. Sabar menambahkan bahwa peminat yang ingin membeli Esemka Bima bisa menghubungi showroom di nomor 0271-7851400.

Menurut Sabar, saat ini tersedia stok sekitar 100 unit untuk Esemka Bima 1.2 dan 1.3.

Pabrik perakitan mobil Esemka terletak di Desa Demangan, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini berdiri di atas lahan seluar 115.000 meter persegi dengan luas bangunan 12.500 meter persegi. Tanah itu disewa untuk jangka waktu selama 30 tahun. 

Esemka Bima 1.2 dan 1.3 dipajang di showroom mobil Esemka yang berlokasi di area pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. Foto Esemka untuk Tempo

Pabrik ini dilengkapi dengan ruang pamer, pengecatan, perakitan kendaraan, perakitan mesin, pengetesan mesin, pengetesan kendaraan, dan inspeksi. Nilai investasi pabrik ini mencapai Rp 600 miliar. 

Esemka juga menjalin kerja sama pemasaran dengan PT Unisat Oto Internasional. Direktur Utama Unisat Oto Internasional Hady Hartanto bahwa saat banyak yang telah mengajukan permohonan sebagai mitra dealer. Namun karena pandemi Covid-19 dan ekonomi lesu, sebagian besar MoU ditunda. “Khusus Lampung sangat agresif, pemesanan di sana sudah lebih dari 1.000 unit,” kata Hady kepada Tempo, Jumat, 28 Agustus 2020.

Showroom Mobil Esemka yang di area pabrik perakitan di Boyolali, Jawa Tengah. FOTO Esemka untuk Tempo

Sayang, Hady belum bersedia membeberkan berapa target dealer yang akan dioperasikan pada tahun ini. Hanya saja ia membeberkan bahwa sebagian besar mitra yang ingin menjalin kerja sama pembangunan dealer sudah memenuhi persyaratan.

Pada 15 Agustus 2020, perusahaan telah mengirim sebanyak 200 unit Esemka Bima 1.2 ke Lampung. Mobil itu dikirim langsung dari Boyolali.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT