Toyota - SoftBank Bikin Van Bebas Covid-19 Tanpa Sopir
TEMPO.CO | 28/08/2020 08:30
Van Hiace dari Monet. REUTERS
Van Hiace dari Monet. REUTERS

TEMPO.CO, Tokyo - Monet perusahanan transportasi di Jepang meluncurkan dua van buatan Toyota yang bisa dimanfaatkan menjadi ruang kerja atau toko keliling yang aman dari penyebaran Covid-19.

Penawaran itu debut pertama Monet, perusahaan patungan  SoftBank Corp dan Toyota Motor Corp.

Usaha patungan Monet tersebut pertama kali diumumkan pada Oktober 2018 dengan tujuan menjadi platform untuk layanan tanpa pengemudi (nirawak).

Mobil yang digunakan adalah versi Toyota Hiace dengan teknologi swakemudi atau nirawak alias tanpa sopir. Mobil dimodifikasi agar bisa mengambil banyak udara luar lalu menyalurkannya ke dalam interior mobil. 

Mobil Toyota Hiace tadi juga dilengkapi dengan layar dan tirai untuk membatasi penularan virus penyakit Covid-19. Mobil versi ini bisa menampung delapan penumpang di belakang.

Versi lainnya memungkinkan pengguna untuk memperbaiki perlengkapan dan menata interior sebagai toko atau ruang kerja.

Tidak ada desain yang menggabungkan teknologi self-driving dan multiguna. Peraturan jalan di Jepang mengharuskan perlengkapan edisimpan sebelum mobil bergerak.

Sonet berharap dapat menjual 100 mobil Toyota anti Covid-19 itu di Jepang baik kepada pemerintah maupun swasta pada tahun ini.

Monet adalah aliansi pertama antara pembuat mobil terbesar Jepang, Toyota, dan operator nirkabel nomor tiga di negeri itu.

Kerjasama itu telah menarik dukungan dari pembuat mobil domestik lainnya untuk mengembangkan kendaraan dan layanan otonom.


REUTERS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT