Seluruh Ford Bronco 2021 Dibekali Kemampuan Off-road
TEMPO.CO | 14/07/2020 09:36
Ford Bronco 2021 Sport. Foto: Ford.com
Ford Bronco 2021 Sport. Foto: Ford.com

TEMPO.CO, JakartaFord Bronco 2021 resmi diperkenalkan di Amerika Serikat, 13 Juli 2020. Bronco ditawarkan dalam dua pilihan model yakni dua pintu dan empat pintu. Model ini dijual dengan harga dasar mulai US$29.995 atau setara Rp 431,5 juta (kurs saat ini US$ 1 setara Rp 14.388). Bronco akan menjadi rival berat bagi Jeep Wrangler. 

Menariknya, seluruh varian Bronco terbaru akan dibekali dengan kemampuan off-road, berpenggerak 4x4.

CEO Ford, Jim Farley, mengatakan bahwa Bronco dihadirkan untuk meningkatkan aspek petualangan off-road. Farley mengklaim Bronco dibekali sasis dengan kemampuan off-road ekstrem berteknologi eksklusif untuk mendukung kemampuan 4x4 di alam liar.


“Bronco dibangun dari ketangguhan truk Seri-F dan performa Mustang - dan dibungkus dengan desain off-road sesuai DNA asli Bronco,” kata Farley dalam keterangan resminya, 13 Juli 2020.

Bronco akan masuk jalur produksi awal 2021 dan model pertama tiba di dealer Ford ditargetkan pada Maret 2021. Pemilik Bronco dapat memilih lebih dari 200 aksesori yang didukung pabrik, memungkinkan dealer untuk menyediakan perlengkapan sesuai permintaan setiap kebutuhan petualangan individu pelanggan.

Ford Bronco 2021 Sport. Foto: Ford.com

Sama seperti Bronco generasi pertama, yang dijuluki G.O.T., misi Bronco 2021 yang serba baru adalah untuk menghadirkan kemampuan maksimum 4x4. Bronco menggabungkan pemetaan off-road dan mendorong teknologi untuk memberi para petualang pemula sama menyenangkannya dengan para ahli off-road ekstrem. Daya tahan Built Wild-nya (kemampuan 4x4) diklaim memiliki kinerja yang baik dalam kondisi paling sulit sekalipun.

“Teknologi penggerak empat roda Bronco yang canggih adalah inti dari kemampuannya di luar jalan raya, dan inti dari semuanya adalah Sistem Manajemen Medan (Terrain Management System) eksklusif dari Bronco dengan G.O.A.T. Modes yang dirancang untuk membantu pengemudi menavigasi semua jenis medan dengan lebih baik,” kata Mark Grueber, manajer pemasaran konsumen Bronco.

Ford Bronco 2021 dilengkapi dengan 7 mode berkendara yang dapat dipilih pengemudi termasuk Normal, Eco, Sport, Slippery dan Sand, serta mode Mud / Ruts, dan Rock Crawl untuk berkendara di jalur ekstrem.

Ford Bronco 2021 Sport. Foto: Ford.com

Dua sistem 4x4 ditawarkan pada semua model Bronco, pengaturan dasar dan 4x4 canggih. Sistem dasar menggunakan kasing transfer shift-on-the-fly elektronik dua kecepatan, sedangkan sistem berikutnya (opsional) menampilkan kasing transfer elektromekanis dua kecepatan yang menambahkan mode otomatis untuk memilih mode berkendara antara 2H dan 4H.

Daya didistribusikan ke gandar belakang Dana 44 AdvanTEK dan unit diferensial depan independen Dana AdvanTEK - keduanya dengan diferensial penguncian elektronik Spicer Performa-TraK untuk traksi yang ditingkatkan pada medan sulit.

Trail Toolbox memberikan pemilik Bronco serangkaian teknologi eksklusif untuk meningkatkan pengalaman off-road mereka. Ini termasuk Trail Control, Trail Turn Assist, dan Trail One-Pedal Drive. Teknologi ini membuat Bronco diklaim cukup bisa diandalkan untuk off-road di jalanan tanah, hingga merangkak di bebatuan curam (rock crawl). 

Interior Ford Bronco 2021 Sport. Foto: Ford.com

Tingkat kemampuan off-road Bronco cukup bisa diandalkan dengan ground clearance Bronco 11,6 inci yang diklaim terbaik di kelasnya, sudut breakover 29 derajat dan sudut departure 37,2 derajat. Kemampuan off-road semakin diperkuat dengan kait derek yang terbuka di bagian depan dan belakang dan tersedia bumper baja modular dengan winch mount aksesori Ford Performance. 

Ford didukung oleh mesin standar Bronco adalah 2,3-liter EcoBoost empat silinder turbocharged yang menghasilkan daya 270 tenaga kuda (201 kilowatt) dan torsi 420 Newton-meter. Tenaga dari mesin ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 7-percepatan Getrag, lengkap dengan crawler gear.

Ford Bronco juga tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 10 kecepatan. Opsi lainnya yang disediakan pabrikan untuk Bronco terbaru adalah mesin VB EcoBoost 2,7-liter twin-turbocharged 310 tenaga kuda (231 kW) dan torsi 542 Nm. Mesin ini hanya akan tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 10-percepatan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT