Jaguar Land Rover Siap Garap SUV Berbahan Bakar Hidrogen
TEMPO.CO | 28/06/2020 15:25
Logo Jaguar Land Rover (JLR)
Logo Jaguar Land Rover (JLR)

TEMPO.CO, JakartaKendaraan berbahan bakar hidrogen tidak memiliki lompatan besar dalam pengembangan mobil listrik, dan meskipun merupakan unsur yang paling melimpah di bumi, ini biasanya dianggap sebagai proses ekstraksi dan infrastruktur yang sangat mahal. Jaguar Land Rover adalah produsen yang barus saja mengumumkan bahwa mereka mulai menggarap kendaraan berbahan bakar hidrogen. Model pertamanya adalah SUV, menurut dokumen resmi yang didapat oleh autoexpress.co.uk.

Sementara banyak produsen telah mencoba-coba hidrogen sebelumnya, upaya terbaru JLR memiliki dukungan luas dari sektor swasta dan pemerintah. Dijuluki sebagai Proyek Zeus, pengembangan kendaraan sel bahan bakar hidrogen adalah bagian dari program yang didanai pemerintah senilai £ 73,5 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun ke sektor otomotif untuk membantu mengurangi emisi karbon.

JLR akan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan di Inggris, seperti Delta Motorsport, Marelli Automotive Systems UK, dan UKBIC (Pusat Industrialisasi Baterai Inggris), yang semuanya telah berhasil mengembangkan komponen untuk kendaraan bahan bakar alternatif. Idenya adalah bahwa proyek ini akan berjalan selama beberapa tahun dengan semua perusahaan berusaha menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan teknologi hidrogen.

Sumber daya yang dapat dikumpulkan oleh empat perusahaan akan dapat mempercepat pembangunan. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Departemen Bisnis, Energi & Strategi Industri mengatakan bahwa, “Bekerja dengan mitra penelitian dan industri kelas dunia, Jaguar Land Rover sedang mengembangkan prototipe kendaraan berbahan bakar sel hidrogen. Proyek ini akan menghadirkan konsep SUV sel bahan bakar premium tanpa emisi knalpot dengan atribut Jaguar Land Rover, seperti jarak jauh, pengisian cepat, kemampuan off-road, dan performa suhu rendah. "

"Proyek ini akan membantu mendorong pertumbuhan dan kemampuan yang signifikan dalam desain dan manufaktur kendaraan listrik sel bahan bakar, memberikan keunggulan kompetitif dalam properti intelektual dan rantai pasokan untuk Inggris." Dengan proyek yang terbilang muda, tim masih belum memastikan apakah kendaraan hidrogen pertama JLR akan dicap sebagai Jaguar atau Land Rover.

MOTOR1


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT