Tips Berkendara Sehat dan Aman Bersama Keluarga di New Normal
TEMPO.CO | 24/06/2020 07:42
Ilustrasi perempuan mengemudi. Shutterstock.com
Ilustrasi perempuan mengemudi. Shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Kondisi New Normal tentunya akan mengubah kebiasaan masyarakat, salah satunya berkendara. Auto2000 sebagai dealer Toyota memberikan beberapa tips berkendara bersama keluarga yang sehat dan aman di masa New Normal. Langkah ini tentunya memudahkan pengguna mobil menjalankan kegiatan normal dengan tenang disertai tata cara menjaga kebersihan mobil dan diri yang memadai sehingga terhindar dari penularan virus COVID-19, dan prinsip safety driving.

Langkah pertama, cuci mobil hingga bersih sebelum beraktivitas. Upayakan bagian yang sering mendapatkan kontak fisik diperhatikan lebih jauh, seperti seluruh hendel pintu dan tutup tangki bensin. Di dalam, pastikan panel pintu, setir, tuas transmisi, tuas rem parkir, arm rest, hingga kontrol AC dan audio dalam kondisi bersih. Untuk membersihkan bagian-bagian tersebut, pemilik mobil dapat menggunakan Car Care Kit berkualitas yang dijual di Auto2000 Digiroom.

Selanjutnya, lakukan pengukuran tekanan angin ban dan pastikan tidak ada tetesan cairan sebagai indikasi ada kebocoran. Perhatikan karet wiper dan pastikan tidak ada kotoran yang bisa menyebabkan baret di kaca. Cek pula kondisi cairan yang berada di ruang mesin dan tambahkan bila kurang. Katakan “oke” pada saat memeriksa seluruh bagian luar mobil yang tidak bermasalah.

Masuk ke kokpit, langsung pakai sabuk seat belt dan pastikan berbunyi klik sebagai tanda sudah terpasang dengan baik. Jangan lupa katakan “oke” untuk memastikan. Atur posisi duduk senyaman mungkin namun tetap sesuai prinsip safety driving. Atur pula posisi seluruh kaca spion serta pastikan pengemudi bisa memantau keadaan dan meraih seluruh tombol fungsi mobil dengan baik.

Lanjut, periksa seluruh fungsi instrumen mobil seperti lampu, klakson, tuas transmisi, rem parkir, kontrol audio dan AC, serta pedal-pedal di bawah dasbor. Persiapkan kebutuhan perjalanan supaya tidak repot saat mengemudi mobil. Misalnya mempersiapkan kartu etol dan pastikan saldonya memadai. Letakkan juga kebutuhan lain seperti uang receh, kacamata hitam, minuman dan makanan di tempatnya sehingga tidak menyulitkan saat dibutuhkan. Atur setting AC dan audio mobil sesuai keinginan sehingga tidak perlu mengubahnya ketika mengemudi mobil.

Periksa dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM A agar tidak tertinggal di rumah. Hindari meletakkan barang di tempat yang mengundang pencurian. Katakan ‘oke” saat memeriksa seluruh bagian tersebut untuk memastikan tidak ada masalah.

Sesuai protokol kesehatan terkait pencegahan penularan virus COVID-19, AutoFamily bersama anggota keluarga lainnya wajib memakai masker dan menyediakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Mobil boleh diisi penuh oleh penumpang dengan syarat seluruhnya berasal dari 1 alamat yang sama, dibuktikan dari fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP seluruh penumpang. Jika tidak serumah, hanya boleh diisi maksimal 50 persen saja.

Patuhi aturan lalu lintas menjadi syarat mutlak di jalan. Jangan melanggar aturan meski pengguna jalan lain melakukannya. Jaga emosi dan jangan mudah terpancing jika ada pengguna jalan lain melakukan manuver agresif seperti memotong jalur AutoFamily.

Fokus pada mengemudi dan jangan teralihkan pada hal tidak penting seperti mengambil barang yang jatuh atau sibuk dengan ponsel yang bisa mendistraksi perhatian ke jalan. Lengah sepersekian detik sudah cukup untuk menyebabkan kecelakaan, seperti menabrak mobil di depan karena melihat layar ponsel.

Adapun soal mesin dan perangkat kendaraan, ada baiknya pengemudi selalu melakukan perawatan secara rutin di bengkel.“Pastikan kondisi pengemudi dan penumpang sehat dan aman saat berkendara di fase transisi dan New Normal ini. Untuk memastikan keamanan kendaraan agar tetap prima, bisa melakukan service berkala di bengkel Auto2000 terdekat,” ujar Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT