Nissan Segera Recall 1,9 Juta Unit Sedan Altima, Ini Penyebabnya
TEMPO.CO | 05/06/2020 21:40
All New Nissan Altima di pabrik perakitan Canton, Mississippi (Nissan News)
All New Nissan Altima di pabrik perakitan Canton, Mississippi (Nissan News)

TEMPO.CO, Jakarta - Nissan kembali mendapat masalah baru, Detroit Free Press melaporkan bahwa hampir 1,9 juta unit Nissan Altima di AS dan Kanada, ditarik kembali atau recall karena masalah yang tampaknya sulit diperbaiki.

Penarikan pertama terjadi pada tahun 2014 ketika Nissan memperbaiki tuas kait kap atau gerendel. Masalah itu memungkinkan kap mesin terbang atau terbuka saat mobil sedang berjalan.

Recall itu tidak selesai pada tahun 2014, masuk ke tahun 2015, Nissan kembali melakukan recall untuk masalah yang sama, hingga pada akhirnya di tahun 2016, Nissan memutuskan mengganti komponen tersebut.

Lantas apakah sudah selesai, sepertinya tiga tahap penarikan itu tidak berhasil, karena masalah itu kembali muncul. Itu diperkuat dengan adanya beberapa laporan terkait terbukanya kap secara tiba-tiba pada Nissan Altima.

Pihak Nissan sendiri mengatakan bahwa penarikan keempat sedang berlangsung. Kali ini, tidak hanya melibatkan sedan Altima produksi 2013-2015, tapi juga Altima untuk model tahun 2016-2018.

Setelah perusahaan menemukan solusi yang tepat, mungkin sekitar 1,9 juta unit Nissan Altima akan mendapatkan panggilan. Ya, pengguna Altima akan diminta untuk membawa mobil mereka ke dealer untuk memperbaiki masalah gerendel kap itu secara gratis.

"Semua pemilik kendaraan yang terkena dampak harus memeriksa dan melumasi kait kap sesuai dengan instruksi manual pemilik dan selalu memastikan kap sepenuhnya tertutup setelah dilepaskan," demikian pernyataan Nissan seperti diktuip dari Detroit Free Pass.

WIRA UTAMA

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT