Kenali Penyebab Lampu Indikator Mobil yang Terus Menyala
TEMPO.CO | 01/06/2020 16:47
Ilustrasi odometer. TEMPO/Wawan Priyanto
Ilustrasi odometer. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, JakartaLampu indikator mobil yang terus menyala memang memberikan pertanda yang menunjukkan ada suatu masalah pada mobil tersebut. Seingkali membuat pemilik merasa khawatir dengan kondisi mobilnya.

Pada kondisi normal, lampu indikator mobil di dashboard mobil seharusnya hanya menyala dan langsung mati ketika kunci diputar ke posisi "ON".

Mengutip laman resmi dari Suzuki, ketika indikator mobil Anda terus menyala, berarti mobil memiliki suatu masalah dan harus segera diperbaiki. Dengan terus menyalanya lampu indikator, maka hal itu dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika dalam perjalanan.

Lampu indikator mobil menunjukkan beberapa pertanda misalnya seperti suhu, tekanan oli dan masih banyak pertanda lainnya yang bisa kita lihat dari lampu indikator mobil. Berikut lima penyebab indikator terus menyala:

1. Lampu indikator aki menyala
Ketika lampu indikator aki pada mobil menyala terus berarti ada masalah pada aki mobil. Maka dari itu Anda harus segera mengganti daya aki mobil. Jika tidak segera menggantinya, kerusakan pun dapat terjadi pada mobil Anda.

2.Lampu indikator oli menyala
Biasanya jika keberadaan oli di mesin mobil Anda habis, maka indikator oli pada mobil akan menyala terus. Hal ini bisa diatasi dengan mengganti oli mesin mobil dengan yang baru. Harus diganti dengan yang baru, jangan malah menambahkan oli baru ke oli lama karena bisa menyebabkan kerusakan pada mobil.

3.Lampu indikator "airbag" menyala
Airbag biasanya hadir pada jenis-jenis mobil yang baru. Apabila indikator airbag di mobil terus menyala, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan airbag mobil tersebut. Karena airbag ini berhubungan dengan sistem keselamatan di mobil Anda, pastikan Anda menangani masalah pada airbag ini.

4.Lampu indikator "engine check" menyala
Ini merupakan bagian terpenting, Jika indikator engine check menyala, berarti ada kerusakan pada mesin atau terdapat sesuatu yang tidak berfungsi pada mesin. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau malfungsi pada mesin mobil, supaya tidak ada kerusakan yang lebih buruk.

5.Lampu indikator ABS (Anti-Lock Braking System) menyala
Sama seperti lampu indikator mobil yang lain, jika lampu indikator mobil ini menyala terus menerus, bisa dipastikan bahwa ABS mengalami kerusakan, atau ada hal yang salah pada ABS mobil. Hal ini harus segera Anda perbaiki guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT