Toyota Daftarkan Paten untuk Dua Model Baru di Amerika Serikat
TEMPO.CO | 25/05/2020 14:43
Toyota Corolla Touring (Station Wagon). (Carbuzz.com)
Toyota Corolla Touring (Station Wagon). (Carbuzz.com)

TEMPO.CO, JakartaSitus GR86.org membocorkan gambar paten merek Toyota untuk pasar Amerika Serikat. Dua paten itu untuk mobil dengan nama Toyota BZ dan Captsone. Menurut situr berita otomotif, carbuzz.com ,laporan GR86.org menyebut tanggal pengajuan paten baru dilakukan minggu lalu, sehingga masih terlalu dini untuk menebak model yang akan diproduksi.

Meski demikian, carbuzz.com menilai paten yang diajukan itu untuk model Toyota C-HR (Capstone), dan Toyota BZ kemungkinan besar akan disematkan untuk Toyota Corolla wagon.

Capstone, dari namanya identik dengan dunia petualangan. Di segmen ini, Toyota sudah memiliki sejumlah jagoan di pasar Amerika Serikat. Satu di antaranya adalah Toyota RAV4 yang baru saja mengalami penyegaran. Untuk melapis RAV4 di segmen off-road atau crossover, rasanya boleh saja pabrikan Jepang itu menempatkan C-HR untuk bisa bersaing dengan jagoan lokal, Jeep Renegade. Segmen ini masih terbuka cukup lebar.

Toyota Corolla hatchback. (Carbuzz.com)

Bagaiman dengan Toyota BZ? Nama ini menurut perkiraan carbuzz.com mengerucut pada Toyota Corolla. Model ini sebenarnya sudah dipasarkan di AS dengan tipe sedan, sedan hybrid, dan hatchback. Satu varian lagi yang bisa saja dari paten itu adalah Corolla wagon yang dibangun dari basis terbaru Corolla. Di sejumlah negara di Eropa model ini sudah pasarkan dengan nama Corolla Touring Sports.

Station wagon dulunya sangat populer di Amerika tetapi telah kehilangan minat karena munculnya minivan dan crossover. Baik Honda dan Toyota juga menjual tipe ini di AS, khususnya turunan dari Honda Civic dan Accord, lalu ada Toyota Corolla dan Camry.

Rupanya segmen station wagon ini diprediksi bangkit kembali. Sejumlah merek juga telah meramaikan segmen ini seperti Volvo V90 dan V90 Cross Country serta Audi A6 Allroad saat ini sudah dipasarkan. Toyota BZ atau Corolla BZ diperkirakan akan mengisi segmen ini dengan opsi harga yang lebih terjangkau.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT