Gambar Paten Diduga Toyota Yaris Facelift Bocor, Wajah Berubah
TEMPO.CO | 20/05/2020 09:30
Gambar patent yang diduga sebagai Toyota Yaris facelift 2021. (Motor1.com Brasil)
Gambar patent yang diduga sebagai Toyota Yaris facelift 2021. (Motor1.com Brasil)

TEMPO.CO, JakartaGambar paten hitam dan putih dari hatchback yang tampak seperti Toyota Yaris telah muncul di internet. Gambar-gambar tersebut diduga bocor dari pengajuan paten di Argentina.

Menurut wapcar.com.my yang mengutip Funtastiko, gambar-gambar itu dibocorkan oleh situs berita Brasil Parabrisas. Gambar paten disebut sebagai facelift Toyota Yaris yang akan diluncurkan pada tahun 2021.

Dari gambar itu jelas terlihat memang identik dengan Toyota Yaris, kecuali tampang pada bagian depan (grill baru). Modelnya juga tidak asing dengan Toyota Yaris yang saat ini dipasarkan di Indonesia. Hal ini terlihat dari bagian samping, dan bagian belakang yang masih sangat mirip.

Gambar patent yang diduga sebagai Toyota Yaris facelift 2021. (Motor1.com Brasil)

Facelift ini sangat mungkin juga akan diterapkan di Toyota Yaris di Indonesia. Apalagi model terbaru yang meluncur di Jepang tahun lalu dipastikan tidak akan dipasarkan di Tanah Air.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto, saat berada di pameran otomotif Tokyo Motor Show pada Oktober 2019 sempat mengatakan bahwa desain All New Toyota Yaris yang diluncurkan di Jepang tidak sesuai dengan pasar di Indonesia.

"Toyota Yaris baru itu untuk pasar Jepang dan Eropa," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di sela-sela Tokyo Motor Show, Jepang, seperti dilaporkan Tempo, Rabu 23 Oktober 2019.

Ia mengatakan Toyota Yaris generasi ke-4 yang dipamerkan di VenusFort di Odaiba, Jepang, selama Tokyo Motor Show itu tidak cocok dengan pasar Indonesia. "Pasar mobil kompak di Indonesia suka mobil yang banyak aksesorisnya," kata Henry.

Gambar patent yang diduga sebagai Toyota Yaris facelift 2021. (Motor1.com Brasil)

Dari gambar yang bocor, Yaris mengalami minor change dengan sedikit saja ubahan yang tampak pada eksterior. Jelas terlihat gril model Joker ditinggalkan, diganti dengan gril model heksagonal yang lebih agresif dan bumper yang lebih besar.

Facelift Yaris sepertinya juga akan dilengkapi dengan lampu LED terbaru. Tidak banyak perubahan yang tampaknya dilakukan pada sisi dan belakang, kecuali desain roda 6-spoke baru.

Meski demikian, untuk pasar Indonesia sepertinya bisa mendapatkan desain gril yang berbeda dibanding model yang dipasarkan di Amerika Latin. Paling tidak, desain baru Toyota Yaris ini akan membuat persaingan dengan Honda Jazz di Indoensia semakin sengit. 

WAPCAR.COM.MY | MOTOR1.COM


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT