Gelis, Gerobak Listrik Pertama di Indonesia untuk UMKM
TEMPO.CO | 18/05/2020 19:53
Gelis, gerobak listrik produksi PT Solar Panel Indonesia. (Antara)
Gelis, gerobak listrik produksi PT Solar Panel Indonesia. (Antara)

TEMPO.CO, Jakarta - PT Solar Panel Indonesia (SPI), secara resmi meluncurkan kendaraan tiga roda dengan menggunakan tenaga berkekuatan listrik pertama di Indonesia. Kendaraan listrik tersebut dijuluki si "Gelis", kependekan dari gerobak listrik yang berguna membantu pebisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Gelis kami ciptakan sebagai kendaraan niaga yang berbasis pada energi listrik yang terbarukan. Kendaraan ini mudah digunakan, serta tidak membutuhkan perhatian khusus dalam hal perawatan," kata pimpinan PT SPI Budi Prasetyo dalam keteragan resminya, Senin, 18 Mei 2020.

Kendaraan niaga roda tiga hemat energi dan ramah lingkungan tersebut akan segera diproduksi dan dipasarkan secara luas ke seluruh Tanah Air.

Lebih lanjut, Budi mengatakan tercetusnya penciptaan Gelis karena adanya dorongan dari keinginan dan juga harapan dari perusahaan untuk bisa membantu para pedagang UMKM di Indonesia.

"Kami ingin membuat pedagang UMKM lebih maju dalam berusaha. Dengan Gelis mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri. Dengan begitu, pekerjaan jadi lebih efisien, dan para pekerja UMKM mampu meningkatkan taraf ekonominya," kata Budi.

Gelis, gerobak listrik buatan PT Solar Panel Indonesia untuk UMKM. (Antara)

Mendorong Ekonomi Indonesia
Kehadiran Gelis di tengah UMKM akan dapat mendorong perkembangan perekonomian nasional, sekaligus memberikan dampak pada penciptaan lingkungan hidup yang lebih baik.

Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono menyatakan, PT SPI juga telah menyiapkan perangkat-perangkat pendukung untuk efektifitas penggunaan Gelis. Salah satu yang utama adalah jaringan pemasaran dan layanan purnajual.

"Kami telah bekerjasama dengan perusahaan aplikasi berbasis online yang telah familiar di tengah masyarakat untuk menunjang efektifitas Gelis. Lewat aplikasi ini konsumen dan calon konsumen bisa mengetahui segala hal tentang Gelis melalui telepon selular," ungkap Ary.

Dengan aplikasi khusus bertajuk HEY Indonesia, segala kebutuhan pelanggan Gelis bisa dilayani secara efektif dan tepat sasaran.

Pada tahap awal, PT SPI mampu memproduksi 10 unit per hari di pabrik di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi ini akan terus dikembangkan seiring bertumbuhnya jumlah permintaan pasar.

Beberapa komponen pembuatan Gelis juga telah diproduksi di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali. Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, pengontrol, gandar, sistem kemudi, dan roda, masih diimpor.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa PT PSI akan terus menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) seiring perkembangan.

"Kami berharap nantinya semua komponen Gelis akan diproduksi di Indonesia. Ini sudah menjadi komitmen kami," kata Head of Engineering PT SPI, Hadian Permana seraya menambahkan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT