SUV Baru Toyota Ini Terinsipirasi dari Land Cruiser, Harga Murah
TEMPO.CO | 17/05/2020 03:50
Render Toyota Urban Cruiser. Sumber: Kleber Silva, desainer asal São Paulo, Brasil
Render Toyota Urban Cruiser. Sumber: Kleber Silva, desainer asal São Paulo, Brasil

TEMPO.CO, Jakarta - Maruti Suzuki, APM Suzuki di India menyatakan persetujuannya atas rencana Toyota untuk meluncurkan crossover subkompak menggunakan basis Vitara Brezza. SUV Toyota yang akan menggunakan nama, Urban Cruiser ini kemungkinan meluncur awal tahun depan. Hal ini terungkap setelah Toyota mengajukan aplikasi merek dagang atau paten untuk Urban Cruiser di India.

SUV baru ini akan menjadi produk Toyota kedua yang berada di bawah usaha patungan merek Jepang dengan Maruti Suzuki. Produk pertama, Glanza hatchback yang menggunakan basis Suzuki Baleno yang saat ini adalah produk yang paling murah dalam portofolio Toyota Kirloskar Motor atau Toyota India. Perusahaan telah menghentikan produksi Etios. Ada kemungkinan Toyota Urban Cruiser ini menggandalkan harga terjangkau setelah Glanza.

Render Toyota Urban Cruiser. Sumber: Kleber Silva, desainer asal São Paulo, Brasil

Beberapa rumor beredar tentang Toyota Urban Cruiser yang akan datang. Berbagai sumber mengklaim bahwa kendaraan itu tidak sekadar ganti logo seperti halnya Toyota Glanza. Kleber Silva, desainer asal São Paulo, Brasil telah membuat render Toyota Urban Cruiser yang imajinatif. Berdasarkan Vitara Brezza facelift, karya Kleber adalah wawasan yang meyakinkan tentang bagaimana produk baru Toyota akan tiba untuk model tahun 2021.

Dibandingkan dengan Maruti Suzuki Vitara Brezza MY2020, Kleber belum melakukan revisi besar-besaran. Namun, ia telah mengidentifikasi beberapa area utama seperti lampu depan, grille, roda. Lampu depannya menggunakan full LED dan seperti pada produk Toyota modern, gril intercooler atau hanya 'grille bumper' berfungsi ganda sebagai gril radiator. Velg dipinjam dari sedan Toyota Corolla MY2019.

Ke bagian belakang, Kleber telah memilih Vitara Brezza facelift sebagai basis desain. Bumper dibiarkan tidak tersentuh dengan kait penarik yang tidak terpasang masih mencuat sementara lampu belakang mengalami beberapa penyesuaian agar sesuai dengan line-up global Toyota saat ini. Lampu belakang dihubungkan oleh apa yang tampak sebagai strip reflektor. Toyota baru ini akan menggunakan mesin bensin 1.5 liter K15B yang sama dengan Suzuki Vitara dengan tenaga 103bhp dan torsi 138Nm. Mesin akan dikawinkan dengan manual 5-speed atau transmisi otomatis 4-speed.

RUSHLANE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT