Modifikasi Royal Enfield Jadi Motor Listrik, Setara 5 Unit Baru
TEMPO.CO | 05/04/2020 13:44
Royal Enfield Classic dimodifikasi menggunakan baterai menjadi motor listrik. Sumber: thevintagent.com
Royal Enfield Classic dimodifikasi menggunakan baterai menjadi motor listrik. Sumber: thevintagent.com

TEMPO.CO, Jakarta - Royal Enfield telah mulai menggarap motor listrik. Mereka menggunakan basis dari tipe Classic yang diubah menggunakan penggerak listrik. Disebut Photon, motor listrik 200 kilogram ini menggunakan basis pada Royal Enfield Classic 500. Motor listrik ini digarap oleh perusahaan yang berbasis di Inggris bernama Electric Classic Cars, yang biasanya melakukan konversi untuk mobil.

Photon memiliki paket baterai besar dengan cetak 3D untuk tampilan yang memukau. Baterai yang digunakan adalah 2,5 kWh Li-ion LG Chemical. Royal Enfield Classic ini memiliki motor listrik berpendingin air dengan 13 kW yang telah dipasang di hub roda belakang. Akibatnya, rantai atau sabuk drive yang biasa tidak ada di sepeda motor listrik ini. Motor listrik menggerakkan roda belakang secara langsung sehingga mengurangi kerugian gesekan dan menghilangkan suara rantai. Electric Classic Cars belum mengungkapkan tenaga atau torsi.

Royal Enfield Classic dimodifikasi menggunakan baterai menjadi motor listrik. Sumber: thevintagent.com

Soal performa, Photon dapat berlari dari 48 km/jam) hingga 80 km/jam dalam waktu sekitar 6 detik. Kecepatan tertinggi yang dapat diraih lebih dari 112 km/jam. Photon memiliki jangkauan sekitar 128-160 km ketika dikendarai antara 80-96 km/jam. Memiliki charger onboard 7 kW yang memungkinkan pengisian baterai hingga penuh dalam waktu sekitar 90 menit.

Bagian-bagian dari Royal Enfield Classic 500 tetap tidak berubah. Motor ini memiliki suspensi depan teleskopik 37 mm dan peredam kejut ganda di bagian belakang. Rem mengandalkan cakram depan 280 mm dengan kaliper 4-pot dan cakram belakang 240 mm.

Untuk memastikan bahwa tampilan Classic 500 tak berubah, orang-orang di Electric Classic Cars tidak mengubah desain sepeda motor. Perubahan pada subframe baut untuk mendukung paket baterai, lampu LED dan lampu kabut. Velg hitam dibungkus ban Michelin.

Kendaraan listrik biasanya mahal. Electric Classic Cars telah memasang label harga Photon GBP 20.000 atau Rp 402 juta.

VINTAGENT 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT