Norton Dihantam Krisis, Mesin 961 Dijual ke Produsen Cina
TEMPO.CO | 02/04/2020 07:15
Pemilik Norton Stuart Garner meneken perjanjian soal hak paten 961. Sumber: MCN
Pemilik Norton Stuart Garner meneken perjanjian soal hak paten 961. Sumber: MCN

TEMPO.CO, JakartaNorton menjual hak paten untuk platform mesin 961 kepada perusahaan Cina Jinlang. Perusahaan yang membuat skuter dan mesin 125cc mengatakan mereka melakukan kesepakatan dengan pemilik Norton Stuart Garner pada akhir 2019.

Jinlang mengatakan kesepakatan untuk platform mesin 961, termasuk semua perkakas mesin, bukan bagian dari proses administrasi karena kesepakatan sudah dilakukan. Sejumlah foto-foto Direktur Jinlang Sains dan Teknologi Co LTD, Huacong Wu, menandatangani kontrak dengan Garner pada akhir Desember.

Seorang juru bicara Jinlang mengatakan: "Kami akan bekerja dengan mitra desain kami di Italia untuk mengembangkan sepeda motor baru menggunakan mesin 961, yang akan kami jual di seluruh dunia."

Jinlang juga memproduksi mesin untuk Zongshen, merek sepeda motor besar Cina lainnya, dan Polaris di India. Merek skuter perusahaan Cina Ariic membuat lebih dari 300.000 mesin per tahun dan perusahaan menjual lebih dari 800.000 mesin. Angka belum dikonfirmasi untuk motor bermesin Norton 961.

Penjualan mesin 961 itu jelas tidak cukup untuk menghentikan pembuat sepeda yang berbasis di Donington masuk ke administrasi. Norton mengalami krisis keuangan dan terlilit hutang. BDO diharapkan untuk menyelesaikan audit aset Norton dan mengeluarkan pernyataan kepada kreditor dalam waktu dekat.

MCN


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT