Suzuki Memperbarui Mesin V-Strom 250, Agar Lolos Emisi Euro 5
TEMPO.CO | 28/03/2020 07:16
Suzuki V-Strom MY2020. Sumber: indianautosblog.com
Suzuki V-Strom MY2020. Sumber: indianautosblog.com

TEMPO.CO, Jakarta - Suzuki sedang mengerjakan versi baru dari mesin kembar paralel 250cc yang memberi daya pada GSX250R dan V-Strom 250 dalam sebuah langkah untuk bisa lolos batas emisi Euro 5. Dokumen paten baru Jepang menunjukkan mesin twin SOHC, yang juga digunakan dalam GW250 Inazuma, kemungkinan akan mendapatkan sistem pembuangan baru dengan konverter katalitik tambahan.

Motor saat ini sudah memiliki katalis yang dipasang di bawah mesin, tetapi versi berikutnya tampaknya akan mendapatkan katalis yang kedua, dipasang lebih dekat ke port knalpot pada kepala silinder. Penempatan itu berarti akan naik ke suhu pengoperasian lebih cepat, yang merupakan persyaratan utama untuk memenuhi batas Euro 5.

Gambar dari paten Suzuki menunjukkan bahwa pipa header knalpot akan bergabung jauh lebih awal dalam sistem sebelum masuk ke catalytic converter tambahan. Dua sensor oksigen mengukur gas buang sebelum dan sesudah, mengirimkan sinyal kembali ke komputer manajemen mesin sehingga dapat menyesuaikan injeksi bahan bakar untuk rasio udara bahan bakar yang paling efisien.

Versi kedua dari ide tersebut juga ditampilkan dalam dokumen paten yang sama, pipa header terpisah tetapi menambahkan catalytic converter ke masing-masing. Namun, kecil kemungkinan Suzuki akan mengambil opsi itu karena biaya katalis sangat besar.

BENNETTS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT