Honda CB-F Concept, Motor Retro dengan Mesin Modern
TEMPO.CO | 28/03/2020 06:41
Motor konsep Honda CB-F untuk mengenang kembali CB900F. Sumber: carscoops.com
Motor konsep Honda CB-F untuk mengenang kembali CB900F. Sumber: carscoops.com

TEMPO.CO, TokyoHonda baru saja menghadirkan motor konsep CB-F di situsnya setelah rencana untuk debut di Osaka Motorcycle Show ke-38 dibatalkan.

Dalam menciptakan Konsep CB-F, pabrikan sepeda motor Jepang mengenang kembali CB900F yang pertama kali muncul di pasar pada tahun 1979 dan dihidupkan kembali sebagai Honda 900 Hornet pada tahun 2002. Dengan alasan itu, mototr baru ini memiliki desain klasik yang telah dikombinasikan dengan teknologi mesin modern.

Motor ini menggunakan basis rangka mono-backbone ringan yang menggunakan baja berkekuatan tensil tinggi dalam konstruksinya. Bagian suspensi depan mengandalkan upside dowb dan swingarm satu sisi yang terbuat dari aluminium.

Elemen desain klasik motor ini sangat mencolok dan mencakup lampu bundar sederhana, warna silver retro dan cat biru, sejumlah aksen hitam, knalpot krom, dan jok kulit sederhana.

Motor ini mengandalkan mesin DOHC empat silinder berpendingin air, 4-tak, 4-katup, segaris empat silinder. Honda belum merilis tenaga kuda dan torsi yang dihasilkan selain memastikan bahwa mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual enam kecepatan.

Tidak disebutkan apakah CB-F Concept akan diproduksi massal atau tidak. Honda hanya menyebut setelah Osaka Motorcycle Show yang dibatalkan, akan meluncurkan 'Honda Virtual Motorcycle Show' di situs webnya yaitu pada 29 Maret waktu yang seharusnya motor ini dipamerkan di Osaka.

CARSCOOPS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT