Suzuki Swift Sport Versi Hybrid Dipasarkan di Eropa
TEMPO.CO | 25/03/2020 14:49
Suzuki Swift Sport 2020. (Netcarshow)
Suzuki Swift Sport 2020. (Netcarshow)

TEMPO.CO, Jakarta - Menyusul peluncurannya di pasar domestik Jepang, Suzuki Motor Corporation meluncurkan Swift Sport baru untuk pasar Eropa. Suzuki Swift Sport terbaru sebelumnya dipamerkan di Tokyo Motor Show di Jepang pada 23 Oktober 2020. Model ini mewakili kemajuan otomotif dunia yang sarat evolusi dan inovasi. Ya, mobil ini akan dibekali teknologi Hybrid baru dan memiliki spesifikasi standar yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Suzuki Swift Sport menampilkan desain eksklusif. Gril dan bumper depan melampaui Swift standar. Mobil terkesan lebih berotot, dengan pilar A yang gelap dan lampu depan dan belakang yang diatur secara vertikal. Swift Sport juga disematkan spoiler aerodinamis hitam.

"Kami tahu bahwa pelanggan kami menghargai pengalaman berkendara yang dinamis di atas segalanya, jadi untuk Swift Sport generasi ketiga, konsep pengembangan kami adalah Kegembiraan mengendarai mobil utama. Lebih ringan, lebih cepat, dan lebih agresif," ujar Chief Engineer Swift Sport, Masao Kobori, seperti dikutip dari netcarshow, 21 Maret 2020.

Suzuki Swift Sport 2020 saat dipamerkan di Tokyo Motor Show, Jepang, 23 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

Suzuki, kata Masao, juga menyempurnakan sejumlah elemen untuk membuat mobil ini makin praktis untuk digunakan sehari-hari. Ya, kopling dan perpindahan shift transmisi manual diklaim lebih ringan. Kursi dan setir juga dibuat lebih nyaman.

Swift Sport menggunakan platform andalan Suzuki yakni sasis Heartech yang mobil ini lebih ringan. Meski Swift Sport sendiri diketahui lebih panjang 50 mm dari model Swift standar dan 15mm lebih rendah dari model sebelumnya.

Pengembangan desain eksterior Suzuki Swift Sport didasarkan pada konsep "evolusi DNA Swift". Pegangan pintu belakang yang dipasang di bagian tengah menambah gaya sporty, sementara tampilan berteknologi tinggi hadir dalam lampu LED yang tersemat di lampu depan dan lampu kombinasi belakang.

Untuk interior, seluruh kokpit domidominasi nada dasar hitam untuk dengab panel instrumen merah Untuk menambah kesan sporty, tachometer berwarna merah dan speedometer berwarna perak Unit layar LCD menampilkan pengatur suhu pendingin dan pengukur bahan bakar yang tergabung dalam dua pengukur utama.

Untuk kapasitas, Suzuki generasi baru meminimalkan ukuran kompartemen mesin yang memungkinkan memaksimalkan ruang yang tersedia untuk penumpang kabin dan bagasi. Dalam ukuran tubuhnya yang ringkas, Swift Sport memiliki kabin yang lapang dan nyaman dengan ruang yang cukup. Baik itu ruang kepala dan ruang kaki. Kapasitas bagasi dengan kursi belakang dinaikkan menjadi 265 L atau 25 persen lebih besar dari model Swift Sport sebelumnya.

Suzuki Swift Sport generasi terbaru ini sudah disematkan teknologi hybrid 48V. Hybrid Powertrain ini membantu untuk mengurangi biaya bahan bakar dan menurunkan emisi CO2. Komponen utama sistem hybrid juga hanya berbobot 15kg sehingga tidak memberikan bobot tambahan berarti.

Interior Suzuki Swift Sport 2020 saat dipamerkan di Tokyo Motor Show, Jepang, 23 Oktober 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

Bahkan sistem ini diklaim bertenaga lebih tinggi dengan baterai lithium-ion 48V, Integrated Starter Generator (dikenal sebagai ISG) dan konverter 48V-12V (DC / DC) untuk komponen daya yang memerlukan tegangan lebih rendah termasuk lampu, audio dan pendingin udara.

Sistem 48V Hybrid juga memiliki fitur tambahan baru, yaitu kontrol pengisian torsi untuk meningkatkan respons engine dan peningkatan torsi untuk membuat akselerasi menjadi lebih mulus. Fitur-fitur ini meningkatkan rasa berkendara dengan menambahkan torsi dari motor listrik ke torsi mesin selama akselerasi.

Suzuki Swift Sport dengan mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 127 hp dan torsi 234Nm. Akselerasi Swift Sport dari 0-100 kilometer per jam dalam 9,1 detik, seperti diklaim oleh pabrikan. Suzuki Swift Sport baru akan memiliki kecepatan tertinggi sekitar 210 kilometer per jam.

Selain itu, Suzuki juga telah menambahkan beberapa fitur lainnya termasuk cruise control adaptif, Electronic Stability Program, Dual Sensor Brake Support (DSBS), Lane departure warning / Lane departure prevention function, Blind Spot Monitor, Vehicle Sway Warning, dan sebagainya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT