BMW R18 Touring Dijual April, Tak Kalah Mentereng dari Harley
TEMPO.CO | 23/03/2020 09:36
BMW R18 versi turing. Sumber: motorcycle.com
BMW R18 versi turing. Sumber: motorcycle.com

TEMPO.CO, Jakarta - BMW Motorrad kini memiliki model yang bisa menjadi Harley-Davidson Heritage Classic killer. BMW R18 menggunakan basis desain model lawas namun dikombinasi dengan teknologi modern.

Kegagahan BMW R18 touring terungkap dalam spyshot, yaitu penggunaan windshield tinggi yang dipasang pada suspensi depan dan tas pelana kulit di bagian belakang. Model ini telah masuk pengajuan paten desain pada akhir Februari lalu.

Model dalam spyshot memverifikasi banyak detail dari desain untuk versi cruiser. Sasis, suspensi depan, tangki bahan bakar, spatbor, jok, dan instrumen bundar tunggal nacelle nampak serupa dengan yang ada pada model cruiser. Knalpot motor dengan ujung bulat pada model cruiser, tetapi tourer itu identik dengan penambahan tas, windshield dan pencahayaan tambahan.

Motor ini juga memiliki tangki bahan bakar cruiser yang lebih kecil daripada tangki yang lebih besar di bagger. Desain bagger juga menunjukkan jok one-piece dan hard case yang lebih tebal sedangkan model dalam foto adalah memiliki jok cruiser yang lebih kecil dan tas berbungkus kulit.

BMW R18 mengandalkan mesin boxer 1.802cc yang menonjol dengan balutan warna hitam. Dengan posisi mesin saat ini, tentunya akan mengurangi kenyamanan karena posisi kaki pengendara sangat dekat dengan mesin. Ini menjadi kelemahan motor dengan model boxer meski menawar keunggulan soal torsi mesin yang dasyat.

Logo tangki bahan bakar pada motor uji tertutup, tetapi terlihat R18 timbul pada panel di belakang betis pengendara, menunjukkan motor penjelajah baru BMW akan menempel dengan nama itu daripada nomenklatur R1800. BMW menyatakan akan memulai versi produksi dari 18 pada 3 April, meskipun tidak jelas apakah dua versi turing akan terungkap pada saat yang sama.

MOTORCYCLE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT