Produsen Mobil di Eropa Bersatu Bikin Ventilator Perangi Corona
TEMPO.CO | 21/03/2020 15:53
Petugas medis bersiap-siap menggunakan sarung tangan akan merawat pasien terinfeksi virus corona atau Covid-19 si rumah sakit Oglio Po hospital di Cremona, Italia, 19 Maret 2020. REUTERS/Flavio Lo Scalzo
Petugas medis bersiap-siap menggunakan sarung tangan akan merawat pasien terinfeksi virus corona atau Covid-19 si rumah sakit Oglio Po hospital di Cremona, Italia, 19 Maret 2020. REUTERS/Flavio Lo Scalzo

TEMPO.CO, Frankfurt - Produsen mobil Jerman Volkswagen mengatakan akan bergabung dengan produsen lain di seluruh dunia memproduksi ventilator rumah sakit untuk memerangi virus corona. Pabrikan Jerman itu akan menggunakan pencetakan 3D untuk mengeksplorasi pembuatan ventilator dan peralatan medis yang dibutuhkan.

Pemerintah meminta produsen mobil termasuk Ford, General Motors, Ferrari dan Nissan untuk meningkatkan produksi ventilator dan peralatan lain untuk memerangi penyebaran virus corona.

Dalam sebuah pernyataan, Volkswagen mengatakan telah membentuk gugus tugas, sedang menguji bahan-bahan dan memeriksa rantai pasokan userta menggunakan pencetakan 3D untuk membantu pembuatan ventilator rumah sakit dan peralatan medis lainnya.

“Peralatan medis adalah bidang baru bagi kami. Tetapi segera setelah kami memahami persyaratannya, dan menerima cetak biru, kami dapat mulai memproduksinya,” kata Volkswagen, seraya menambahkan bahwa komponen prototipe telah dicetak dan anak perusahaan grup, Skoda, dimasukkan dalam proyek ini.

Seorang juru bicara seperti dilaporkan Reuters, Sabtu, 21 Maret 2020, mengatakan perusahaan multi-merek yang berbasis di Wolfsburg, yang memiliki lebih dari 125 printer 3D industri, telah melakukan kontak erat dengan pemerintah dan pihak berwenang lainnya untuk mengukur kebutuhan yang diperlukan.

General Motors dalam sebuah pernyataan mengatakan pihaknya bekerja dengan Ventec Life Systems, pembuat perangkat medis, untuk meningkatkan logistik dan keahlian produsen mobil AS itu memproduksi lebih banyak ventilator.

"Kami bekerja sama dengan Ventec untuk secara cepat meningkatkan produksi produk pernapasan yang sangat penting dalam mendukung perjuangan negara kami melawan pandemi COVID-19," kata CEO GM Mary Barra.

Merek mobil sport di bawah naungan Volkswagen Group, Porsche, juga mengatakan pada hari Jumat, 20 Maret 2020, bahwa mereka ingin membantu dalam upaya pertolongan. "Kami sedang mengumpulkan ide-ide tentang apa yang bisa kami lakukan dalam hal bantuan kemanusiaan," kata Kepala Eksekutif Oliver Blume.

Produsen mobil BMW yang berbasis di Munich, Jerman, mengatakan juga siap membantu. "Produksi komponen menggunakan teknologi cetak 3D adalah suatu kemungkinan," katanya.

Pembuat mobil Swedia Volvo mendesak semua pemerintah untuk menanggapi krisis dengan serius dan membatasi pergerakan untuk menekan penyebaran virus corona.

REUTERS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT