Cegah Corona, Gojek Yogya Dibekali Masker hingga Vitamin
TEMPO.CO | 21/03/2020 06:43
Para driver Gojek di DIY mendapatkan sejumlah perlengkapan dan layanan pemeriksaan hadapi virus Corona. 20 Maret 2020. Tempo/Pribadi Wicaksono
Para driver Gojek di DIY mendapatkan sejumlah perlengkapan dan layanan pemeriksaan hadapi virus Corona. 20 Maret 2020. Tempo/Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Yogyakarta - Operator aplikasi Gojek Indonesia membekali ribuan mitra drivernya di wilayah DI Yogyakarta sejumlah perlengkapan pendukung untuk bisa tetap beroperasi secara aman di tengah mewabahnya virus corona atau COVID-19.

Mulai Jumat 20 Maret 2020, Gojek DI Yogyakarta melengkapi drivernya sebanyak 1.500 orang baik GoRide dan GoCar dengan masker, hand sanitizer juga vitamin.

"Kami secara berkala memberi edukasi pada mitra seputar informasi tentang Covid-19, khususnya cara pencegahan agar tak mudah tertular dan meminta driver menjaga kesehatan," ujar Arum K. Prasodjo, Head of Regional Corporate Affairs Gojek Region Jateng DIY Jumat 20 Maret 2020.

Edukasi soal corona untuk driver itu, ujar Arum disampaikan melalui berbagai channel komunikasi dengan cara memanfaatkan fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification).

Selain itu, ujar Arum, pihaknya juga memastikan sarana dan prasarana yang digunakan mitra higienis dan rutin dibersihkan. Upaya ini ditandai dengan kerja sama dengan beberapa perusahaan penyedia jasa cuci mobil, motor, helm dan penyemprotan desinfektan.

"Dalam situasi seperti ini kami menjaga layanan antar GoCar tetap higienis dengan penyemprotan desinfektan juga helm mitra GoRide yang juga musti higienis," ujarnya.

Selama isu terkait penyebaran corona ini masih berlangsung, Arum mengatakan pihaknya juga membuka kemungkinan jemput bola dalam memenuhi kebutuhan perlindungan driver.

Seperti pengiriman masker, hand sanitizer, dan vitamin ke basecamp-basecamp mitra driver yang dilakukan oleh tim Gojek bersama tim Rescue Gojek DIY berkeliling menggunakan Ambulance Gojek sekaligus melakukan pengecekan kesehatan.

Gojek,ujar Arum, terus membuka diri dengan informasi yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Kesehatan. Upaya ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 baik untuk mitra maupun untuk masyarakat.

Arum mengatakan upaya preventif menyangkut corona sebenarnya sudah dilakukan pihaknya sejak Januari 2020 silam saat sebarannya belum sampai tanah air.

Dalam situasi seperti sekarang ini, ujar Arum, mitra driver memang memegang peranan penting memastikan masyarakat dapat menjalani kehidupan senormal mungkin dan menjalankan kampanye serentak melawan virus bertagar #dirumahaja.

Seorang driver GoRide atau motor Pandu Kunta Wijaya bersyukur di tengah situasi ini dan kesulitan mendapatkan masker.

"Semoga wabah corona ini dapat segera berakhir dan dapat kembali bekerja,” ujar Pandu.

Upaya pemberian perlengkapan menghadapi wabah ini juga dilakukan Gojek di wilayah Salatiga, Ungaran, Kudus, Cilacap, Solo, Purwokerto, dan Tegal.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT