Penjualan Suzuki XL7 di Yogyakarta Mulai Kejar Ertiga
TEMPO.CO | 14/03/2020 15:44
Suzuki XL7 mulai mengejar Ertiga soal penjualan di kawasan Yogya. TEMPO/Pribadi Wicaksono
Suzuki XL7 mulai mengejar Ertiga soal penjualan di kawasan Yogya. TEMPO/Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Yogyakarta - PT Sumber Baru Aneka Motor selaku dealer utama Suzuki di wilayah DI Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas menyatakan peminat Suzuki XL7 terus meningkat tajam dan mendekati penjualan saudara tuanya Suzuki Ertiga.

Padahal kendaraan jenis low sport utility vehicle (SUV) terbaru Suzuki itu belum genap sebulan mengaspal di Yogya karena baru resmi dikenalkan publik 29 Februari 2020 lalu.

"Kami kewalahan menghadapi permintaan pesanan XL7 khususnya untuk varian Alpha (varian tertinggi XL 7,” ujar General Manager PT Sumber Baru Mobil, main dealer Suzuki untuk wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas Rizki Indriananta kepada Tempo Sabtu 14 Maret 2020.

Rizki menjabarkan sejak dikenalkan resmi ke publik Yogya akhir Februari lalu, dalam dua pekan, sudah 50 unit lebih XL 7 didistribusikan ke pembeli.

Rata rata penjualan Ertiga sendiri per bulan di wilayah DIY, Kedu dan Banyumas tahun 2019 sekitar 55 unit per bulan.

"Untuk SPK (surat pesanan kendaraan) XL7 yang masih belum kami proses ada 100 an pesanan, karena stoknya memang masih terbatas," ujarnya.

Rizki menambahkan saat ini pihaknya sedang mengajukan penambahan pasokan XL7 terutama seri Alpha yang harganya Rp 264,5 juta (transmisi manual) hingga Rp 275 juta (transmisi otomatis) itu
dari agen tunggal pemegang merek atau ATPM Suzuki.

Ada sekitar 100-150 unit yang dimintakan kepada ATPM untuk memenuhi SPK yang masuk. Menurut Rizki sebagian besar peminat XL7 memilih seri Alpha yang pasarnya di kelompok middle up.

Pasar konsumen ini, mengincar XL 7 sebagai kendaraan kedua atau subsitusi. Sehingga tak terlalu memikirkan harga melainkan fitur yang dimiliki.

Bahkan untuk mengimbangi pemesanan XL7 Alpha ini, Rizki mengatakan pihaknya membuatkan program khusus untuk varian XL7 Zeta bulan Maret 2020 ini dengan pemberian diskon Rp 3 juta.

Customer Care Manager PT Sumber Baru Aneka Motor Erik Tri Waluyo menambahkan nyaris tersusulnya rata rata penjualan bulanan Suzuki Ertiga dari XL7 ini salah satunya karena selisih harga dan kelengkapan fiturnya untuk varian terendah.

Varian terendah XL7, yakni Zeta hanya dibanderol dengan harga Rp 238 juta atau selisih Rp 5 juta saja dengan varian terendah Ertiga yang dibanderol Rp 232,5 juta.

"Dengan harga tak selisih jauh, XL7 lebih lengkap fiturnya dibanding Ertiga untuk seri terendah," ujarnya.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT