6 Tip Perawatan Rutin dari Astra Daihatsu Motor
TEMPO.CO | 08/02/2020 11:19
Daihatsu meluncurkan mobil LCGC tiga baris kursi yaitu New Sigra di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten Senin 16 September 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali
Daihatsu meluncurkan mobil LCGC tiga baris kursi yaitu New Sigra di Summarecon Mall Serpong, Tangerang, Banten Senin 16 September 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali

TEMPO.CO, Jakarta - Kendaraan membutuhkan perawatan agar tetap nyaman digunakan dan dikendarai.Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi memberikan beberapa tips bagi pelanggan untuk menjaga kendaraan kesayangan mereka agar tetap dalam kondisi yang optimal dan dapat digunakan beraktivitas sehari-hari.

Berikut enam hal yang harus dicek:

1. Periksa air radiator

Rajin periksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi.

 2. Cek oli

Tidak hanya memeriksakan air radiator, pemilik mobil juga harus periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

3. Air wiper

 

Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Cek minyak power steering

 

Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering. Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

 5. Minyak rem

Untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi.

6. Cek aki

Khusus pengguna aki basah, pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level. Isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT