Taksi Listrik Geely Mulai Invasi Pasar Jepang
TEMPO.CO | 13/01/2020 06:51
Taksi listrik London EV Company (LEVC) model TX. Foto : Xinhua
Taksi listrik London EV Company (LEVC) model TX. Foto : Xinhua

TEMPO.CO, Jakarta - Anak perusahaan produsen mobil Geely, London EV Company (LEVC), membawa taksi listrik ke Tokyo pada Jumat, 10 Januari 2020, untuk membantu mempromosikan transportasi umum ramah lingkungan di Jepang. 

LEVC TX sepenuhnya digerakkan oleh sistem hybrid full-listrik. Dalam pengoperasiannya, model ini secara murni menggunakan mode full-listrik, tetapi diisi ulang oleh mesin Volvo 1,5-liter bensin tiga silinder turbo yang menghasilkan output 81-hp.

LEVC TX dilengkapi dengan paket baterai 33 kilowatt-jam yang dipasok oleh LG Chem, dan menggerakkan 110 kW motor listrik buatan Siemens.

Ketika baterai tidak cukup mengisi daya untuk kendaraan, mesin bensin akan mengambil alih peran. Konektor pengisi daya dipasang di kedua sisi radiator, dan merupakan soket CCS, yang mampu menghasilkan 50 kW DC dan 22 kW AC, dan sebuah konektor CHAdeMO (opsional) berkemampuan 50 kW.

Menurut LEVC, model TX memiliki jangkauan total sekitar 600 kilometer. Dari jumlah itu, lebih dari 100 km dihasilkan dari mesin pembakaran internal yang juga mengisi ulang baterai.

Mengikuti tampilan ikonik dari taksi London, taksi listrik LEVC memiliki gril yang besar, bodi lebar berbentuk persegi dan pintu berdampingan agar penumpang dapat naik dan turun dengan mudah.

Kursi penumpang depan kendaraan digunakan sebagai kompartemen bagasi, sedangkan kursi belakang dapat menampung hingga lima penumpang. Sementara itu, aksesibilitasnya yang tinggi nyaman untuk penumpang pengguna kursi roda.

Kendaraan itu akan dijual dengan harga 11,2 juta yen (setara Rp 1,4 miliar) di Jepang, yang dapat diturunkan menjadi 7,56 juta yen (setara Rp 947 juta) dengan subsidi yang ditawarkan oleh pemerintah daerah Tokyo.

Menurut LEVC, taksi listrik ini dilengkapi dengan wifi dan port pengisian daya.

Kepala Eksekutif LEVC, Joerg Hoffman, mengatakan bahwa Jepang memiliki pasar taksi yang besar. “Perusahaan telah menetapkan target penjualan pada tahun pertama sebanyak 100 unit kendaraan,” kata dia seperti dilansir China Daily, Minggu, 12 Januari 2020.

LEVC adalah produsen mobil dengan hampir 70 tahun pengalaman memproduksi taksi profesional, yang menikmati reputasi tinggi di Eropa. Pada 2013, ia menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh produsen otomotif asal Cina, Geely.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT