NMI Pelajari Jual Mobil Listrik Nissan Tanpa Charging Station
TEMPO.CO | 06/12/2019 05:48
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menjajal mobil listrik Nissan Note e-Power di ICE, BSD City, Tengerang, Banten, Senin, 13 November 2017. Dok. Nissan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menjajal mobil listrik Nissan Note e-Power di ICE, BSD City, Tengerang, Banten, Senin, 13 November 2017. Dok. Nissan

TEMPO.CO, Samarinda - PT Nissan Motor Indonesia memastikan akan memasukkan tiga model baru pada tahun 2020. Dua di antaranya adalah mobil listrik Nissan LEAF dan Nissan Note e-Power. “Satu lagi masih rahasia, nanti diumumkan,” kata Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI di sela-sela media test drive All New Nissan Livina di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis, 5 Desember 2019.

Sekiguchi mengakui salah satu kendala dalam memasarkan kendaraan listrik di Indonesia adalah infrastruktur, khususnya fasilitas pengisian daya baterai yang belum memadai. “Maka dari itu, sangat menarik bagi kami untuk melakukan studi memasarkan kendaraan listrik yang bisa mengisi ulang sendiri baterainya tanpa perlu charging station,” ujarnya.

Studi itu, kata dia, sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Menurut dia, model yang digunakan untuk studi adalah Nissan Note e-Power. “Teknonolgi ini bisa menjadi transisi atau edukasi bagi masyarakat sebelum mereka sepenuhnya beralih ke kendaraan listrik murni,” kata dia.

Nissan Note E-Power pertama kali diperkenalkan pada November 2016. Sistem penggerak elektrik kendaraan ini diadaptasi dari teknologi Nissan LEAF yang menjadi kendaraan listrik terlaris di dunia. Sistem penggerak roda pada Nissan Note e-Power menggunakan motor elektrik dengan tenaga dari baterai lithium-ion on board.

Mobil ini tidak memerlukan stasiun pengisian daya listrik untuk charge baterai karena mobil ini memiliki mesin bensin kecil yang berperan sebagai genset untuk mengisi baterai lithium-ion on board. Nissan Note e-Power hanya menggunakan motor listrik berdaya tinggi, tidak menggunakan mesin bensin untuk menggerakkan kendaraan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT