Festival Volkswagen 2019 Datangkan VW Kodok Balap dari Jepang
TEMPO.CO | 19/10/2019 07:50
VW Kodok yang akan digunakan dalam balap drag race. dok panitia Jogja Volkswagen Festival
VW Kodok yang akan digunakan dalam balap drag race. dok panitia Jogja Volkswagen Festival

TEMPO.CO, Yogyakarta - Panitia ajang Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 mendatangkan VW Beetle bekas untuk balapan. Mobil VW Beetle yang biasa disebut VW Kodok milik Takashi Komori asal Jepang ini merupakan keluaran tahun 1952.

Festival yang akan digelar di Jogja Expo Center pada 9-10 November 2010 ini sengaja disuguhi mobil VW yang umurnya sudah tua tapi sangat istimewa. VW Kodok untuk balapan yang didatangkan inipun sangat istimewa. Mesinnya sudah di-upgrade menjadi 2.180 cc. Dalam delapan detik bisa dipacu dengan jangkauan 400 meter. Padahal mesin VW Beetle maksimal rata-rata hanya 1.600 cc.

“Kami sengaja mendatangkan mobil bekas untuk balapan ini. Mobil VW Beetle tahun 1952. Sangat istimewa,” kata Tjahjo Widjoyono, ketua panitia Jogja Volkwagen Festival, Jumat, 18 Oktober 2019.

Mobil VW ini merupakan milik Komori yang mempunyai perusahaan rumah modifikasi Flatfour di Jepang. Mobil VW ini merupakan Type-1 Chop-Top. “Sudah datang langsung dari Jepang, mesinnya untuk dragrace,” kata dia.

Lebih rinci, mobil VW Kodok ini warta merah marun. Buildernya Takashi Komori sendiri. Engkol shaft 82 milimeter counter weight. Piston sebesar 92 milimeter NPR/DDF. Camshaft-nya engle W125.

Cylinder Head street eliminator, karburator menggunakan weber 481DA dual. Exhaust-nya 1-¾ merged megaphone stinger. Ban menggunakan Michelin ZX Radial 135 SR 15 (front). Jok menggunakan kulit, setirnya menggunakan kayu.

Jogja Volkswagen Festival 2019 yang bertajuk “Soul of A Hero” yang digelar setiap dua tahun ini dipenuhi dengan banyak rangkaian acara. Rangkaian acara sebelum hari H antara lain Road to JVWF yang adakan setiap Selasa malam selama bulan Oktober 2019 di Asmara Coffees Shop. Yaitu dengan penampilan band-band lokal yang akan mengisi panggung musik di JVWF 2019. Juga ada lomba paper craft untuk anak-anak yang dilaksanakan pada 3 November 2019 di Plaza Ambarrukmo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak kepada dunia otomotif khususnya VW dan sekaligus sebagai ajang promosi JVWF,” kata Diar Sahudi, panitia seksi acara Jogja Volkswagen Festival.

Sementara di Pangkalan Udara Gading Gunungkidul di hari yang sama pada Minggu, 3 November 2019 akan berlangsung ajang Indonesian Drag VW Series, dengan tajuk “201 On Jogja” yang merupakan seri terakhir dari 3 seri yang diselenggarakan di tahun 2019.

Event balapan di lintasan sepanjang 201 meter ini merupakan bagian dari kegiatan pre-JVWF yang memperebutkan piala Ketua Volkswagen Indonesia Association - Komisaris Jenderal (Purn.) Nanan Soekarna dan Kepala Staf Angkatan Udara RI – Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

“Juga ada konser Didi Kempot saat acara digelar di Jogja Expo Center,” kata dia.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT