Spek Suzuki S-Presso Bocor! Pakai Mesin 1.000cc
TEMPO.CO | 21/09/2019 14:48
Suzuki S-Presso Concept. (Auto.Ndtv)
Suzuki S-Presso Concept. (Auto.Ndtv)

TEMPO.CO, Jakarta - Maruti Suzuki S-Presso baru akan diluncurkan pada 30 September 2019. Sekarang, hanya beberapa hari sebelum resmi diluncurkan, rincian varian dan spesifikasi mesin mobil tersebut bocor di internet.

Menurut dokumen yang bocor dari departemen transportasi ini, hatchback entry-level Maruti Suzuki ini akan ditawarkan dalam empat varian utama yakni Standar, LXI, VXI dan VXI +, dan selanjutnya diperluas menjadi 10 iterasi berdasarkan trim opsional dan pilihan transmisi. Tentu saja, ini juga menegaskan bahwa S-Presso akan dijual melalui jaringan showroom Maruti Suzuki Arena.

Adapun opsi mesin, sebagai model entry-level baru, Suzuki S-Presso akan mendapatkan mesin 1 liter Alto K10. Yakni mesin bensin 998 cc tiga silinder yang disetel untuk menghasilkan 67 bhp pada 5500 rpm. Agak sedikit berbeda dengan mesin dipasang pada Suzuki Alto yang mencatat tenaga sebesar itu dicapai pada 6000 rpm.

Sayangnya, di dalam dokumen seperti dilaporkan Auto.Ndtv.com tidak mengungkapkan angka torsi, tetapi kemungkinan sama seperti pada Alto yakni 90 Nm pada 3500 rpm. Mesin ini akan dikawinkan dengan gearbox manual 5-kecepatan dan AGS 5-speed (Auto Gear Shift) atau AMT (Unit Transmisi Manual Otomatis).

Dalam hal dimensi, Suzuki S-Presso baru akan berukuran panjang 3.665 mm dan lebar 1.520 mm, membuatnya lebih panjang dan lebih lebar dari Alto K10 masing-masing sebesar 120 mm dan 5 mm.

 Juga, mobil akan hadir dalam dua pilihan ukuran ban, yakni 13 inci (mungkin untuk varian lebih rendah) dan ban 14 inci untuk varian tertinggi. Beda ukuran ban ini membuat masing-masing memiliki dimensi tinggi 1.549 mm dan 1.564 mm.

Ini membuat S-Presso baru lebih tinggi dibanding Alto K10 sebesar 89 mm. Mobil itu juga akan datang dengan jarak sumbu roda 20 mm lebih panjang dibandingkan dengan Alto pada 2.380 mm.

Suzuki S-Presso mendatang didasarkan pada platform Heartect yang juga menopang berbagai model zaman baru Maruti seperti Wagon R, Swift, Ignis, Baleno, Dzire, dan bahkan Ertiga.

Suzuki S-Presso kemungkinan akan datang dengan fitur keselamatan seperti airbag ganda, sistem rem ABS + Elektronic Distribution Brake (EBD) dan sensor parkir mundur. Selain itu, Suzuki juga dapat mempertimbangkan memperkenalkan sistem infotainment layar sentuh Smartplay studio 7 inci dalam varian S-Presso yang lebih tinggi, seperti pada Suzuki Wagon R terbaru.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT