Mitsubishi Perkenalkan Xpander Rally Team di GIIAS 2019
TEMPO.CO | 21/07/2019 16:50
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama Rifat Sungkat, secara resmi memperkenalkan Xpander Rally Team (XRT) pada ajang GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang, Minggu 21 Juli 2019. Tempo/Khairul Imam Ghozali
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama Rifat Sungkat, secara resmi memperkenalkan Xpander Rally Team (XRT) pada ajang GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang, Minggu 21 Juli 2019. Tempo/Khairul Imam Ghozali

TEMPO.CO, Tangerang - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bersama brand ambassador yang juga sebagai pereli tanah air, Rifat Sungkar, secara resmi memperkenalkan dan meluncurkan tim reli yang disebut Xpander Rally Team (XRT) pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019, di ICE BSD, Tangerang, 21 Juli 2019.

XRT akan diperkuat langsung oleh Rifat, dan akan didampingi oleh M. Redwan yang memang sudah dikenal sebagai rekan kepercayaan Rifat sebagai navigatornya.

Untuk kendaraan yang akan digunakan oleh XRT yaitu Mitsubishi Xpander sendiri kata Rifat sudah tidak perlu diragukan lagi meski Xpander merupakan mobil penumpang alias Multi Purpose Vehicle (MPV). Namun ia percaya bahwa Xpander bisa difungsikan lebih dari itu

"Lebih dari itu, saya punya pandangan berbeda karena melihat Xpander memiliki keseimbangan sasis yang sangat baik sehingga mobil ini memenuhi kriteria regulasi dan dapat dimaksimalkan untuk kebutuhan reli AP4," ujar Rifat, Minggu 21 Juli 2019.

Dari situ, MMKSI dan Rifat berhasil mengembangkan Xpander menjadi sebuah mobil yang dapat bersaing dalam kompetisi reli AP4, dengan nama Xpander AP4. Tentu dengan melihat potensi sekaligus menyesuaikan regulasi FIA (Federation Internationale e I'Automobile) terkait kelas AP4 tersebut.

Terkait AP4 sendiri Rifat menjelaskan bahwa AP4 adalah inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia-Pasifik. Menurutnya hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi FIA, sehingga kompetisi reli dunia saat ini lebih moderen.

"Mengharuskan menggunakan lebih dari 80 persen bodi asli dari pabrikan. Trennya sudah bergeser dari yang sebelumnya menggunakan mobil keluaran pabrik 2.000 cc turbo 4WD, saat ini menjadi mesin baru 1.600 cc dengan teknologi yang lebih canggih, suspensi advance, travel suspensi dua kali lipat lebih panjang, serta keuntungan teknologi aerodinamika yang diaplikasikan," papar Rifat.

Dengan lahirnya XRT ini, MMKSI bersama Rifat mempunyai misi untuk mengembalikan kejayaan reli Indonesia, juga membuktikan bahwa Xpander bukan sekedar mobil keluarga, tapi lebih luas dari itu.

Adapun jadwal kompetisi yang akan diikuti oleh Xpander Rally Team ada yang internasional dan nasional. Untuk yang internasional adalah NZRC Goldrush Rally of Coromandel, di New Zealand.

"Menariknya kompetisi akan dimulai bersamaan dengan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus-18 Agustus 2019," ucap Manager XRT, Julian Johan.

Sedangkan untuk kelas nasional akan berlangsung sejak September-Desember 2019. Kejurnas Spirnt Rally putaran 2 7-8 September 2019 di Serang, Meikarta Sprint Aspal 28-29 September di Meikarta, Jawa Barat. Kejurnas Spirnt Rally putaran 3 19-20 Oktober di Jambi, Kejurnas Spirnt Rally putaran 4 26-27 Oktober di Jambi, dan terakhir Kejurnas Spirnt Rally putaran 5 7-8 Desember di Jawa Barat.

"MMKSI sudah dukung dari awal untuk pergi dari satu negara ke negara lain atau dari satu kota ke kota lain, fully support dari MMKSI, yang juga merupakan upaya dari tagline kamu 'Drive Your Ambition'," jelas Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT MMKSI Intan Vidiasari.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT