Keluarga Ini Gunakan Mitsubishi Pajero Sport Keliling 34 Negara
TEMPO.CO | 21/07/2019 13:45
Eelco menjelajah 34 negara selama 11 bulan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport 4x4. Mereka berbagi kisah di GIIAS 20@9. (MMKSI)
Eelco menjelajah 34 negara selama 11 bulan menggunakan Mitsubishi Pajero Sport 4x4. Mereka berbagi kisah di GIIAS 20@9. (MMKSI)

TEMPO.CO, Tangerang - Journey Of Wonder adalah petualangan satu keluarga dari Jakarta ke-34 negara menggunakan Mitsubishi Pajero Sport 4x4. Kisah petualangan mereka diabadikan dan diunggah ke sosial media YouTube.

Eelco, bapak dua orang anak ini mengaku selama kurang lebih 11 bulan mengelilingi 34 negara bersama Iyel yang juga istri serta kedua anaknya yakni Raneshya dan Tyo.

"Selama perjalanan ada adaptasi di setiap negara karena ada yang menyetir di sebelah kiri, ada pula yang sangat tertib, ada yang tidak tertib," katanya saat dijumpai di booth Mitsubishi di GIIAS 2019, Sabtu, 20 Juli 2019.

Menurut Eelco selama perjalan ia bersama keluarga pernah mengalami ditilang kepolisian di negara Kirgistan, di negara itu kaca film tidak boleh lebih dari 15 persen.

"Ya kena tilang divsana karena kaca film tidak boleh lebih dari 15 persen kalau lebih langsung diberhentikan polisi, kalau denda sampai US$300 akhirnya kaca film saya lepas dengam cara dikerok," ujarnya.

Untuk para petualang yang ingin melakukan perjalanan menggunakan mobil, kata Eelco, yang paling utama dipersiapkan adalah niatnya.

"Lihat saja budgetnya, kami juga bisa meminimalisir budget dengan menggunakan transportasi yang murah untuk menyebrang laut. Juga cari pengalaman lewat jalan kecil, kalau di luar negeri itu kebanyakan jalan tol nanti fotonya hanya jalan tol saja maka dari itu kita lewat jalan kecil," ungkapnya.

Sementara Iyel, istri dari Eelco mengatakan bahwa selama di perjalanan ia dan suami bergantian dalam mengendarai mobil.

"Saya gantian dengan suami karena kam kan beratus- ratus kilometer jalannya jadi gantian nyupirnya, kurang lebih 65 ribu kilometer," katanya.

Saat sedang menempuh perjalanan yang jauh itu, kata Iyel, setiap 500 kilometer kendaraan akan berhenti dan tinggal selama dua atau tiga hari untuk istirahat.

"Biar anak- anak juga bisa bermain dan belajar. Kendala di perjalanan itu visa karena ada batasan waktunya ya lalu sewaktu ngurusnya juga butuh waktu, pengalaman kami kalau akan melintas ke negara lain harus selesai dulu urusan visanya," katanya.

Iyel menambahkan bahwa ia dan keluarga sudah melintasi 34 negara menggunakan Mitsubishi Pajero Sport 4x4 di antaranya Singapura, Malaysia, Iran, Kirgstan, Uzbekistan, Arab Saudi, Turkmenistan dan Turki.

"Setelah ini kami mau keliling Indonesia mulai dari Sulawesi, setelah itu sekalian kami mempersiapkan di tahun 2020 akan menjelajah ke Afrika," tuturnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT