Mitsubishi Eclipse Cross dan Wuling Almaz Ramaikan Segmen SUV
TEMPO.CO | 12/07/2019 07:54
Mobil Mitsubishi Eclipse Cross saat diperkenalkan di Jakarta, Selasa 9 Juli 2019. PT MMKSI resmi memperkenalkan dua model terbarunya, Eclipse Cross dan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia In
Mobil Mitsubishi Eclipse Cross saat diperkenalkan di Jakarta, Selasa 9 Juli 2019. PT MMKSI resmi memperkenalkan dua model terbarunya, Eclipse Cross dan Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Kehadiran Wuling Almaz pada awal tahun dan Mitsubishi Eclipse Cross yang diperkenalkan pekan ini akan meramaikan pertarungan segmen SUV medium. Saat ini, pemain SUV medium dihuni oleh Almaz 5 seater, Honda CR-V, DFSK Glory 560, Mazda CX-5, Nissan Xtrail, dan Hyundai Tucson.

Baca Juga: SUV Wuling Baojun RS-5 dengan Interior Premium Tantang Honda CR-V

Wuling yang bakal merilis Almaz 7 seater dan Mitsubishi sejauh ini sangat optimistis dengan produk andalannya ini. Masing-masing model menawarkan keunggulan dan fitur masing-masing. Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan, pasar medium SUV di Tanah Air tidak begitu besar karena saat ini tren di Tanah Air masih model MPV atau SUV 7 penumpang.

Pada segmen itu Mitsubishi telah memiliki Pajero Sport dan Xpander, sehingga Eclipse akan menyasar konsumen yang ingin menambah kendaraan, keluarga kecil atau yang hidup di perkotaan.

Dia menuturkan, dengan pasar SUV medium yang tergolong kecil, Mitsubishi melakukan kajian mendalam sebelum menghadirkan Eclipse Cross yang didatangkan secara utuh dari Jepang. Eclipse Cross memiliki keunggulan yang membuat produk ini unik.

Baca Juga: Chevrolet Captiva Rebadge Wuling Almaz di GIIAS 2019?

"Ada tiga kekuatan atau unique selling point yakni desainnya yang dinamis, mode berkendara yang lengkap, dan konektivitas. Kami telah pelajari betul ketiga unique selling point ini dan yakni bisa masuk ke pasar compact SUV,” ujarnya.

Irwan mengatakan, tidak ada fitur yang dipangkas untuk pasar Indonesia karena produk yang didatangkan adalah produk standar ekspor.

Mitsubishi akan memasarkan Eclipse Cross dengan harga tidak lebih dari Rp500 juta yang didukung oleh paket Smart untuk purnajual.

Adapun, secara global, Eclipse Cross masuk jajaran model terlaris Mitsubsihi Motors pada 2018. Penjualan Eclipse hanya kalah dari Xpander yang merupakan model terlaris Mitsubsihi Motors.

Wuling Almaz terbaru dengan kapasitas 7 penumpang diperkenalkan di Jakarta, 11 Juli 2019. TEMPO/Khairul Imam Ghozali

Wuling Motors juga tidak ingin kehilangan momentum meningkatnya penjualan Almaz dengan menghadirkan varian 7 seater. Sukar dibantah pasar 7 seater merupakan pasar paling favorit di Nusantara.

Baca Juga: Wuling Almaz 7 Penumpang dengan Teknologi Baru Diluncurkan

Vice President Wuling Motors Cindy Cai mengatakan, sejak awal memperkenalkan Wuling Almaz pada Februari lalu, konsumen banyak bertanya perihal Almaz 7 penumpang.

Almaz ketika dirilis dipasarkan seharga Rp318,8 juta. Mengusung konsep smart SUV, Wuling Almaz mendapatkan penerimaan yang positif sejauh ini dengan menjadi salah satu penyumbang penjualan terbesar bagi Wuling.

BISNIS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT