Keunggulan Frame eSAF di Honda Genio Dibandingkan Matik Lainnya
TEMPO.CO | 30/06/2019 13:38
Sasis Honda Genio dengan menggunakan teknologi eSAF. Sumber: antara
Sasis Honda Genio dengan menggunakan teknologi eSAF. Sumber: antara

TEMPO.CO, Jakarta - Honda telah meluncurkan matik generasi baru lewat Honda Genio yang ingin menggarap pasar generasi milenial. Honda menelurkan desain rangka yang benar-benar gres dibanding pendahulunya dengan tujuan meningkatkan efisiensi ruang dan juga handling saat dikendarai.

Baca: Kekurangan dan Kelebihan Honda Genio Jadi Motor Ojek Online

Frame eSAF yang menempel pada Honda Genio memiliki bentuk lebih simpel dengan bagian belakang melengkung ke atas, seolah mengadopsi para penggemar modifikasi yang ingin memanfaatkan frame ini dalam berkreasi. Frame eSAF menggunakan teknologi enhanced Smart Architecture Frame ini baru pertama kali diterapkan Honda pada kendaraan roda dua di Indonesia.

Model menaiki motor Honda Genio saat diluncurkan di Jakarta, Jumat, 21 Juni 2019. PT Astra Honda Motor memperkenalkan skuter matik (skutik) Honda Genio dengan mesin eSP 110cc dan rangka berteknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) yang didesain untuk generasi muda Indonesia. ANTARA

Menurut Honda dalam penjelasan spesifikasinya, frame ini menggunakan proses produksi terbaru seperti dalam pengelasan press dan laser. Struktur tersebut dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian dan penanganan (handling). Dengan demikian, klaim Honda, Genio menjadi lebih mudah dikendarai, ringan, dan nyaman untuk bermanuver. "Beratnya berkurang hingga 8 persen, namun tetap kuat," kata Kaori kaneko, Honda Motorcycle Operation Mobuzukuri Center saat peluncuran.

Rangka baru ini bahkan dapat memberikan ruang yang lebih efisien, makanya Genio bisa memiliki kotak bagasi berkapasitas 14 liter dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter.

Baca Juga: Ini Kelebihan Mesin Honda Genio Dibandingkan Generasi Beat

Honda Genio dibekali mesin 110cc SOHC eSP dengan sistem injeksi penuh PGM-FI. Motor ini menghasilkan tenaga maksimum 6,6 kW pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Dengan mesin ini, Genio mampu berakselerasi dari 0-200 meter dalam waktu hanya 12,4 detik, dan kecepatan maksimumnya 94 km/jam.

Berdasarkan pengujian internal Honda, Genio mengonsumsi bahan bakar 59,1 km/liter, yang artinya bahwa dengan tangki terisi penuh, motor ini mampu menjangkau perjalanan 248 km.

Genio hadir dalam dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna, di antaranya smart white blue, smart red, smart black, smart black red, dan smart silver. Motor ini dibanderol Rp17,2 juta.

ANTARA

Baca Juga: 2 Motor Honda Genio Ini Dimodif Bergaya Anak Muda yang Fungky


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT