Motor Petualang Honda Kapasitas 125cc Segera Meluncur?
TEMPO.CO | 11/06/2019 19:48
Honda Eropa memamerkan dua motor konsep Honda CB125X dan Honda CB125M di EICMA. Sumber: paultan.org
Honda Eropa memamerkan dua motor konsep Honda CB125X dan Honda CB125M di EICMA. Sumber: paultan.org

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah tampil dalam bentuk motor konsep pada ajang EICMA 2018, Honda dikabarkan sudah semkain dekat untuk menjual versi massal produk motor petualang bermesin kecil atau motor pemula, yakni CB125X dan CB125M.

Hal tersebut diketahui karena produsen motor raksasa asal Jepang itu telah mendaftarkan paten desain CB125X dan CB125M ke kantor Paten Eropa, seperti yang diberitakan Visordown.

Bukan tanpa alasan Honda ingin membuat motor petualang dengan kapasitas mesin 125 cc, karena di Eropa motor sport bermesin kecil cukup digandrungi lantaran harganya yang murah.

Selain harganya yang terjangkau, motor juga disebut punya banyak suku cadang aftermarketnya yang cocok untuk para pemula.

Berdasarkan bocoran gambar desain yang beredar, kedua model tersebut terlihat memiliki perbedaan dengan versi konsep yang pernah dipamerkan. Motor konsep ini digarap oleh R&D Honda Italia dengan menggunakan basis desain motor lawas MBX125 yang sempat populer pada era 1980-an.

Secara tampilan Honda CB125X lebih mirip dengan Honda Afrika Twin dan CRF450 yang digunakan dalam reli Dakar. Sebagai motor offroad, Honda CB125X memiliki tampilan yang jenjang dengan suspensi depan yang memiliki jarak travel panjang. Ban dan velg juga menggunakan desain CRF yaitu kombinasi diameter yang berbeda antara depan dan belakang dengan karet bundar model cangkul.

Knalpot menggunakan SC Project yang menjulang tinggi untuk mengamankan dari genangan air.
Pada swing arm tidak menggunakan desain standar motor CB125 namun menggunakan desain yang lebih kekar. Pengereman pun ditingkatkan dengan menggunakan diameter cakram yang lebih lebar. Velg pun sudah menggunakan bahan dari alumunium dan jari-jari yang kuat.

Pada versi Honda CB125M tetap menggunakan basis desain CRF namun lebih condong model supermoto. Lampu depan lebih futuristik dengan mengadopsi lampu kecil. Suspensi menggunakan upside down namun dengan jarak travel lebih pendek, velg menggunakan casting wheels dengan diameter sama 17 inci.

Cakram menggunakan diameter lebar tanpa lubang ventilasi.
Soal mesin sepertinya Honda tidak mengubah desain maupun tenaga yang dihasilkan sekitar 15 bhp lebih rendah dari tenaga mesin CB150 yang mampu menghasilkan 17bhp. Rangka yang dipakai pada dua motor ini mirip dengan desain Honda CB150X Motion yang dipasarkan di Thailand dimana tetap menggunakan rangka tralis namun lebih kekar dengan double beam.

VISOR DOWN

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT