WSSP300 Jerez: Galang Hendra Pratama Incar Poin Penuh
TEMPO.CO | 07/06/2019 14:42
Galang Hendra Pratama, Imolla, Mei 2019. (Yamaha)
Galang Hendra Pratama, Imolla, Mei 2019. (Yamaha)

TEMPO.CO, Jakarta - Balap World Supersport 300 (WSSP300)seri ke-4 akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, 7-9 Juni 2019. Satu-satunya pembalap Indonesia yang berkompetisi di kejuaraan ini, Galang Hendra Pratama, mengaku siap tampil maksimal untuk dapat meraih poin penuh guna memperbaiki posisi klasemen sementara.

"Untuk persiapan motor, kami sudah mempunyai data settingan sehingga lebih siap dan lebih kompetitif,” kata Galang Hendra Pratama dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Jumat, 7 Juni 2019. 

Baca juga: Kalahkan Rider Eropa, Galang Hendra Juara WSSP300 Brno

Bila merujuk pada hasil yang sebelumnya, racer binaan Yamaha Indonesia ini punya track-record prestasi yang cukup apik di Sirkuit Jerez dengan pernah meraih podium juara WSSP300 saat bertarung dengan status wildcard pada musim 2017 lalu. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa Galang sudah cukup mengenal karakter Sirkuit Jerez yang memiliki panjang lintasan 4,423 km dan 13 tikungan.

Patut pula untuk dicermati, berdasarkan kesepakatan antara pihak FIM dan Dorna, maka WSSP300 seri Jerez akan tersaji dalam dua race. Tidak satu kali balapan seperti tradisi selama ini. Tambahan satu race adalah pengganti dari putaran WSSP300 Imola, Italia (12 Mei) yang sebelumnya dibatalkan. Keputusan penambahan race ini dilakukan sebagai upaya dari penyelenggara untuk mempertahankan 9 seri WorldSSP300. Sehingga, secara total para pembalap tetap akan memperebutkan 50 poin maksimal.

Baca juga: Pakai Yamaha R3 Baru, Galang Hendra Nyaris Raih Pole

Berbagai persiapan fisik dan skill terus dilakukan oleh Galang. Ibadah puasa yang dijalani oleh pembalap berusia 20 tahun ini tidak menyurutkan semangatnya dalam menjalani aktifitas latihan. Selain itu, Galang juga mengaku puas dengan set-up motor pacuannya Yamaha YZF-R3.

"Race WSSP300 di Jerez Spanyol nanti akan diadakan dalam 2 kali balapan, karena seri Imola kemarin dibatalkan. Tentu saja, menjelang balap Jerez, meskipun di bulan puasa saya tetap latihan motor di Sirkuit Boyolali menggunakan Yamaha YZF R25 juga melakukan latihan fisik pada malam hari," katanya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT