Toyota - Daihatsu Akan Produksi Mobil Hybrid di Indonesia
TEMPO.CO | 07/06/2019 07:14
Toyota Astra Motor memamerkan 13 unit mobil berteknologi hybrid di IIMS 2019, termasuk Toyota C-HR Hybrid yang baru dluncurkan pada 22 April 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.
Toyota Astra Motor memamerkan 13 unit mobil berteknologi hybrid di IIMS 2019, termasuk Toyota C-HR Hybrid yang baru dluncurkan pada 22 April 2019. TEMPO/Wawan Priyanto.

TEMPO.CO, JakartaToyota Motor Corporation (Toyota) menegaskan kesiapannya untuk mendukung program kendaraan listrik di Indonesia. Pada tahap awal, Toyota bakal memproduksi model hybrid untuk tipe MPV dan SUV.

Dilansir laman resmi Kemenperin, Deputy CEO Toyota Corp. Susumu Matsuda mengatakan bahwa dalam upaya memasarkan kendaraan listrik, pihaknya juga akan fokus dengan pengembangan teknologinya di Indonesia.

“Hal ini untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen kami, sesuai budaya perusahaan, agar mereka praktis menggunakan kendaraan listrik,” ujarnya baru-baru ini.

Baca juga: Mobil Listrik MPV & SUV Hybrid Produksi Toyota-Daihatsu Bakal Meluncur 2022

Seperti diketahui, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto akhir bulan lalu berkunjung ke Jepang untuk mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air. Pemerintah telah menyiapkan regulasi baru untuk merangsang populasi kendaraan listrik di dalam negeri.

Matsuda mengatakan, Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil hybrid di Indonesia pada tahun 2022. Jenisnya antara lain sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV).

“Kami menilai, kedua jenis tersebut yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya,” tuturnya.

Toyota memberikan apresiasi kepada Kemenperin terhadap pelaksanaan studi mobil listrik dengan para pemangku kepentingan termasuk menggandeng perguruan tinggi.

Baca juga: Toyota C-HR versi Mobil Listrik Akan Meluncur 2020

“Hasil dari penelitian tersebut, bahwa mobil hybrid dapat mengurangi konsumsi bensin hingga setengahnya. Ini menjadi salah satu solusi yang cukup realistis,” imbuhnya.

Adapun, hasil kajian beberapa universitas negeri di Tanah Air telah dirilis beberapa waktu lalu. Mobil listrik jenis hibrida dinilai cocok untuk pasar Indonesia sambil mempersiapkan segala jenis infrastruktur pendukung kendaraan listrik.

Hingga sejauh ini, Toyota menjadi salah satu merek yang cukup aktif memasarkan model kendaraan hybrid di Tanah Air seperti Toyota Camry Hybrid, Toyota Alphard Hybrid dan terakhir ialah Toyota C-HR Hybrid.

BISNIS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT