Cara Yamaha Ikut Peduli Mengurangi Kasus Kecelakaan di Jalan
TEMPO.CO | 10/05/2019 05:28
Yamaha Indonesia menggelar pelatihan safety riding. Dok Yamaha
Yamaha Indonesia menggelar pelatihan safety riding. Dok Yamaha

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak pemilik sepeda motor mengendarai motor tanpa pengetahuan yang mencukupi sehingga sering kali justru membuat 'kekisruhan' di jalanan. Safety riding sangat penting bagi para pengguna sepeda motor untuk memberikan keamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Yamaha pun memberikan pelatihan safety riding melalui pendaftaran online yang dilaksanakan oleh Yamaha Riding Academy (YRA). Setelah dibuka, masyarakat umum langsung menyerbu untuk mendapatkan edukasi safety riding.

Baca: Inilah Sosok Yamaha Xmax dengan Desain 3 Roda ala Niken

Akhir pekan lalu, pelatihan untuk peserta yang sudah mendaftar online di kanal www.yamaha-motor.co.id/yamaha-riding-academy digelar. Tim instruktur YRA memberikan pelatihan teori dan praktik safety riding di homebase YRA yang berlokasi di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Pelatihan melalui pendaftaran online ini dapat diikuti tanpa dikenakan biaya sampai tanggal 31 Juli 2019.

Para peserta antusias menimba pengetahuan yang tepat mengenai keselamatan berkendara. Jumlah peminat pelatihan yang telah mendaftar ke Yamaha berjumlah ratusan orang. Yamaha menyiapkan motor dan safety gear untuk para peserta pelatihan setiap pekan.

Pada sesi teori peserta diajarkan tips safety riding baik itu pengetahuan dari sisi manusia, kendaraan dan lingkungan. Para instruktur YRA mengajarkan dasar berkendara saat persiapan dan ketika berkendara. Dilanjutkan dengan sesi praktik diantaranya persiapan sebelum berkendara (safety gear, posisi berkendara) dan praktik berkendara dengan tiga trek edukasi yang harus dilalui peserta yaitu braking (pengereman), zigzag balance (keseimbangan), slalom (berbelok). Pesertamenerapkannya ketika praktik dengan menggunakan motor-motor model baru seperti FreeGo, Lexi, MT-15 dan motor Yamaha lainnya.

Baca: Yamaha Sedang Siapkan Motor Listrik dengan Kecepatan 100 KM

”Awalnya saya tahu tentang pendaftaran online safety riding Yamaha lewat social media, lalu saya buka website Yamaha. Alasan ikut karena ingin tambah pengetahuan dan tahu teknis berkendara yang tepat. Safety riding penting banget buat cewek sehingga perlu memahami cara berkendara yang benar,” ucap peserta wanita seorang karyawan, Milcah Eunice.

Adapun Ahmad Arief Perdana datang dari Tangerang antusias untuk bergabung agar lebih tahu dan bisa mengoreksi kesalahan yang dilakukan saat mengendarai motor. "Misalnya posisi berkendara yang benar dan pengereman. Program ini sangat bagus dan bermanfaat karena memberikan pengetahuan teknik safety riding yang dibutuhkan. Saya akan menginformasikan juga kepada rekan-rekan saya mengenai hal ini,” tutur Arief.

Baca: Yamaha Permudah Mitra Grab Beli Sepeda Motor Baru


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT