Sosok Penerus Suzuki Ignis Ini Bisa Jadi Ancaman Toyota Rush
TEMPO.CO | 17/03/2019 09:35
Varian SUV baru Suzuki yang bisa menjadi pesaing Toyota Rush. Sumber: team-bhp.com
Varian SUV baru Suzuki yang bisa menjadi pesaing Toyota Rush. Sumber: team-bhp.com

TEMPO.CO, New Delhi - Suzuki tertangkap kamera sedang menguji mobil Sport Utility Vehicle terbarunya. Sosok mobil baru ini saat pengujian masih menggunakan kamuflase dengan bodi berlakban penuh di jalanan India. Mobil baru ini diprediksi merupakan varian massal dari mobil konsep Suzuki Consept Future-S yang pernah ditampil di sejumlah pameran otomotif dunia. Dari tampilan bodi dan siluet nampak mobil ini memiliki kemiripan dengan Suzuki Ignis yang dipasarkan di Indonesia.

Baca: Maruti Suzuki Luncurkan Konsep SUV Terbaru, Ini Penampakannya

Seperti konsepnya, versi produksinya memiliki posisi mesin yang tinggi, ground clearance yang tinggi, atap yang rata, dan kaca belakang yang gagah yang menjadi ciri-ciri SUV modern. Di dalamnya, terdapat instrumen kluster, seperti dalam konsep, diposisikan di atas konsol tengah. Hanya saja tampilan ini lebih banyak menuai kritik daripada dipuji karena tata letak offbeat. Layar instrumen digital diapit oleh dua ventilasi HVAC.

Varian SUV baru Suzuki yang bisa menjadi pesaing Toyota Rush. Sumber: zigwheels.com

Suzuki Concept Future-S versi massal akan memiliki bodi yang tangguh dan kuat untuk memenuhi standar uji tabrakan lokal dan Internasional. Teknologi keselamatan yang diterapkan pun makin canggih dengan menampilkan peringatan peringatan berkecepatan tinggi, driver dan co-driver SBR, airbag pengemudi dan sensor parkir belakang sebagai standar.

Baca: Inilah 11 Perubahan pada Suzuki Ertiga Sport 2019

Kenichi Ayukawa, Chief Executive Officer of Maruti Suzuki, CV Raman, Head Research and Development, Maruti Suzuki India Limited, and Randhir Singh Kalsi, Senior Executive Director, Maruti Suzuki India Limited, saat peluncuran mobil konsep Suzuki Future S di India Auto Expo 2018 di Greater Noida, India, 7 Februari 2018. REUTERS/Saumya Khandelwal

Sedangkan untuk opsi mesin, Maruti Suzuki akan memasangkan mesin bensin 800 cc dan 1.000cc. Selain itu, ada kemungkinan menggunakan mesin 1.200cc yang lebih bertenaga dan irit. Pilihan transmisi dapat mencakup manual 5-kecepatan dan manual otomatis 5-kecepatan. Kemungkinan mobil SUV baru ini akan muncul di jalanan pada akhir tahun 2019.

Simak: Suzuki Ertiga Sport 2019 Akan Dibanderol Lebih Mahal Rp 10 juta?

Jika masuk Indonesia, Suzuki harus menggunakan mesin yang lebih besar. Dengan tampilan sporty dan kompaknya bisa bersaing di segmen Low Sport Utility Vehicle. Di pasar tersebut, mobil Suzuki baru ini akan bersaing dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

INDIAN AUTOSBLOG


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT