Bos TAM: Xpander Disebut Toyota Avanza Killer Tapi Belum Berhasil
TEMPO.CO | 17/03/2019 07:39
Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander (Foto: TEMPO/Wawan Priyanto
Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander (Foto: TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Persaingan dua mobil MPV Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander semakin memanas. Toyota menyebut Xpander belum bisa menyaingi popularitas Avanza.

Namun jika dicermati lagi, Mitsubishi Xpander unggul atas penjualan Toyota Avanza dikategori mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Artinya penjualan Toyota Avanza dibantu oleh pilihan mesin kapasitas 1.300 cc.

Baca: Duel Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Simak Faktanya

Menanggapi hal tersebut, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan kemenangan Xpander dikategori mesin 1.500 cc tetap tidak bisa menandingi pencapaian Toyota Avanza.

"Nggak apa-apa, sekarang gini dulu nggak ada bicara 1.300 atau 1.500. Intinya bicara mengenai Xpander itu Avanza killer. Tapi sampai sekatang nggak di kill-kill," ujarnya beberapa waktu lalu.

Meski begitu, kata Soerjo, Toyota dari awal kehadiran Mitsubishi Xpander tidak ada niatan untuk saling makan-memakan. Yang paling penting adalah keseluruhan total industri otomotif Indonesia.

"Dan saya sudah bilang dari awal itu, kami juga enggak ada pengen kill meng-kill. Karena dari awal itu kita melihat total industri otomotif," katanya.

Ia juga menyebut tidak masalah jika Mitsubishi Xpander benar-benar ingin mengambil tahta mobil terlaris milik Avanza. Namun menurutnya Avanza tetap punya keuntungan dan punya keunggulan, serta perbedaan dibandingkan Xpander.

Baca: Kata Bos Mitsubishi Setelah Melihat Langsung Toyota Avanza 2019

"Kalau bisa tetap jualan 7.000-6.000, Xander bisa jualan 7.000, kami merasa sudah untung. Orang turun cuma 3.000 diambil sama rush. Tapi kalau Xpander mau ngalahin Avanza ya dibuktikan saja. Tapi jangan dibagi segmennya. Jelas Avanza keunggulan di transmisi manual, itu paling besar," papar Soerjo.

Dari data yang diterima Tempo, sepanjang Februari 2019, total penjualan semua model Toyota Avanza 1.500 cc, hanya mencapai 1.199 unit untuk penjualan retail (dari diler ke konsumen), sedangkan untuk penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) hanya mencapai 1.183 unit.

Sedangkan untuk Mitsubishi Xpander yang hanya memiliki pilihan mesin 1.500 pada periode yang sama mencatatkan penjualan retail 5.960 dan wholesales 5.532 unit.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT