Duel Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Simak Faktanya
TEMPO.CO | 16/03/2019 15:20
Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander (Foto: TEMPO/Wawan Priyanto
Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander (Foto: TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Sejak kehadirannya di Indonesia, Mtisubishi Xpander terus membayang-bayangi Toyota Avanza yang selama ini memegang takhta mobil terlaris Indonesia. Selama 2018 saling rebut takhta terjadi bahkan berlanjut dan memanas sampai awal tahun ini.

Kedua belah pihak, PT Toyota Astra Motor (TAM) maupun PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sama-sama mengaku produk Low MPV-nya lah yang paling terbaik diminati oleh konsumen Indonesia.

Baca: Penjualan Januari 2019: Toyota Avanza Belum Mampu Salip Xpander

Tidak dipungkiri Toyota Avanza sebelum hadirnya Mitsubishi Xpander duduk tenang sebagai rajanya mobil di Indonesia. Keberadaan Avanza sebagai mobil terlaris mulai digoyang Xpander. Bahkan beberapa kali Xpander berhasil menyalip Avanza sebagai mobil terlaris.

Faktanya dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2018 penjualan (wholesales) Xpander masih kalah oleh Avanza. Total penjualan Toyota Avanza sepanjang tahun lalu mencapai 82.167 unit. Sedangkan Mitsubishi Xpander 75.075 unit. 

Tapi pada awal tahun tepatnya Januari 2019, penjualan wholesales Xpander berhasil mengalahkan Avanza. Namun Februari 2019, takhta MPV sekaligus mobil terlaris di Indonesia kembali diraih oleh Avanza.

Baca: Toyota Rajai Penjualan Mobil Januari 2019, Mitsubishi Kedua

Sepanjang Februari 2019, dari data yang diterima Tempo, Toyota Avanza dengan seluruh variannya termasuk mesin 1.300 cc dan 1.500 cc mencatatkan wholesales (distrubusi dari pabrik ke dealer) sebanyak 5.700 unit atau market share 29 persen. Sedangkan Xpander hanya meraih angka 5.532 unit dengan 28 persen market share.

Namun beda halnya dengan penjualan retail (dari dealer ke konsumen), Mitsubishi Xpander berhasil mengalahkan Avanza dengan perolehan 5.960 dengan 34 persen market share, sedangkan Avanza hanya 5.004 unit (28 persen market share).

Lantas apakah Mitsubishi Xpander akan merebut takhta MPV sekaligus mobil terlaris tahun ini dari Avanza? Atau justru Xpander hanya bisa menempel ketat dan takhta tetap ditangan Toyota Avanza? Pembuktiannya ada pada data penjualan yang dirilis Gaikindo. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT