Ducati Pamerkan Teknologi Komunikasi Motor dan Mobil
TEMPO.CO | 10/01/2019 13:53
Sistem komunikasi antara mobil Audi dan Motor Ducati. Sumber: motorcycle.com
Sistem komunikasi antara mobil Audi dan Motor Ducati. Sumber: motorcycle.com

TEMPO.CO, Jakarta - Membuat mobil dan sepeda motor berkomunikasi di jalan adalah pencapaian teknologi tertinggi yang ingin dicapai oleh sejumlah pabrikan untuk memberikan jaminan keamanan di jalan. Ducati telah merancang Safety Road Map 2025, sebuah strategi pengembangan yang mempromosikan teknologi keselamatan baru.

Baca: Carlos Checa Sebut Ducati V4 Setara Mesin MotoGP 8 Tahun Lalu

Awal tahun ini, perusahaan motor Italia mengumumkan sedang menggarap sistem komunikasi kendaraan ke kendaraan dan pengujian lewat Ducati Multistrada 1200 Enduro dan sepasang mobil Audi ketika dikendarai di lingkungan yang terkendali. Ducati memamerkan teknologinya di depan publik CES 2019, Senin 7 Januari 2019.

Sistem komunikasi antara mobil Audi dan Motor Ducati. Sumber: motorcycle.com

Ducati sudah bekerja sama dengan Audi dan Qualcomm untuk bekerja mengembangkan teknologi komunikasi C-V2X. Mitra baru Ford membawa teknologi sendiri tentang mobilitas perkotaan ke atas meja untuk membentuk pusat pengembangan yang nyata. Demonstrasi CES adalah yang terbaru dari serangkaian demo yang memamerkan sistem komunikasi kendaraan untuk semuanya.

Teknologi komunikasi akan memungkinkan kendaraan (mobil dan motor) untuk berkomunikasi, tetapi juga dengan infrastruktur. teknologi ini juga akan memungkinkan kendaraan yang bergerak untuk mendeteksi pejalan kaki dan sepeda. Ducati Multistrada 1260 baru dan mobil Audi dan Ford, dilengkapi dengan teknologi C-V2X, menunjukkan sejumlah interaksi di jalan dan bagaimana sistem mendeteksi dan bereaksi sesuai yang diharapkan.

Salah satu interaksi ini adalah ketika persimpangan empat arah bebas tanda yang melibatkan sistem mendeteksi setiap kendaraan yang terlibat, dan menentukan hak jalan. "Demonstrasi ini menunjukkan kasus penggunaan di mana teknologi canggih dapat secara signifikan meningkatkan keselamatan pengguna sepeda motor," kata Pierluigi Zampieri, Manajer Inovasi Kendaraan Ducati Motor Holding.

Baca: Ducati 1089 Bergaya Sport Klasik, Bangkitkan Romansa Masa Lalu

Anupam Malhotra, Direktur, Kendaraan & Koneksi Data di Audi of America, Inc. menambahkan bahwa “Kasus jalur empat arah memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana mengemudi secara kooperatif dimungkinkan dengan C-V2X di masa mendatang. Selain keamanan tambahan, C-V2X dirancang untuk juga meningkatkan kenyamanan dan efisiensi, yang dapat diterapkan pada mengemudi otonom saat ini dan di masa depan."

RIDE APART


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT