Shock Breaker Motor Rusak Bisa Diservis, Simak Biayanya
TEMPO.CO | 04/01/2019 10:47
ilustrasi shockbreaker sepeda motor. TEMPO/Wawan Priyanto
ilustrasi shockbreaker sepeda motor. TEMPO/Wawan Priyanto

TEMPO.CO, JakartaShock Breaker merupakan salah satu bagian penting dalam kendaraan guna meredam kejut dari jalanan yang rusak atau berlubang.

Namun jangan terburu-buru mengganti yang baru jika shock breaker Anda sudah tidak bisa melakukan fungsinya sebagai peredam kejut di jalanan.

Disebuah bengkel kecil di Jalan, Moch Kahfi 1 Ciganjur Jakarta Selatan, terdapat bengkel servis shock breaker “Dewa Shock Motor” sudah berdiri selama enam tahun oleh pemiliknya Hariyanto yang juga ikut terjun menjadi mekanik.

“Sudah enam tahun, berawal dari coba-coba sampe akhirnya saya tahu tentang shockbreaker dari berbagai jenis motor,” kata Hariyanto seperti diwartakan Antara, Jumat, 4 Januari 2019.

Baca: Oli Shock Breaker Depan Motor Bocor Ternyata Bisa Diperbaiki

Ia juga menuturkan bahwa, kebanyakan orang datang kesini karena banyak keluhan pada shock breaker yang tidak memberikan respon atas jalan rusak atau berlubang.

“Kalau orang yang datang kesini kebanyakan service dangan pergantian besi as mas, karena kebanyakan mengeluhkan sudah tidak ada respon dari shock breakernya yang kadang-kadang menghajar lubang di jalan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan kalau untuk harga dari setiap kendaraan dan setaip jenisnya itu mempunyai harga yang berbeda dan tergantung segi kerusakannya.

Baca: Shock Breaker Belakang Terlalu Empuk, Inilah Penyebabnya

“Kalau untuk harga tergantung dari motornya kalau untuk jenis matic dan bebek itu, untuk sok depan itu kisaran Rp 60-70 ribu, kalau belakang unutk motor matic kisaran Rp 70 ribu sedangkan untuk  kendaraan jenis bebek itu Rp 90-100 ribu rupiah,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu mekanik lainnya juga mengatakan, kalau kebanyakan yang datang untuk service di tempatnya kebanyakan yang berdatangan ini kendaraan jenis matic dan kendaraan tahun muda.

Baca: Bantingan Shockbreaker Sepeda Motor Keras, Ini Biaya Reparasinya

“Yang paling banyak kendala motor matic yang jaman sekarang, shock depan as nya beda dan gampang baret, beda dengan motor motor tua jaman dulu,” kata mekanik yang akrab disapa Gembul itu.

“Kalau di bengkel sini kita bisa kasih garansi sampai tiga bulan.maka dari itu orang lebih suka service dibandingkan harus beli baru,” tambahnya.

Menurutnya, agar shock breaker awet kuncinya adalah tidak membawa beban yang melebihi beban kapasitas yang disarankan dari motor itu sendiri, karena beban itu berpengaruh dengan keawetan shock breaker itu sendiri.

“Kalau untuk perbaikan sok sendiri tidak ditargetkan berapa lamanya itu tergantung pemakaian, tapi kita sarankan unutk sok depan 6 bulan sekali ganti oli,” ujarnya.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT