Benelli Indonesia Enggan Bermain di Segmen Bebek, Ini Alasannya
TEMPO.CO | 30/10/2018 14:45
Benelli Malaysia memasarkan bebek underbone RFS150 yang menjadi lawan Yamaha MX King dan Honda Supra GTR. Sumber: motomalaya.com
Benelli Malaysia memasarkan bebek underbone RFS150 yang menjadi lawan Yamaha MX King dan Honda Supra GTR. Sumber: motomalaya.com

TEMPO.CO, Jakarta - Benelli Motor Indonesia enggan bermain pada segmen moped atau bebek. Alasannya, Benelli tidak mau bertarung langsung dengan gajah alias perusahaan besar. "Apalagi pasar motor bebek tak terlalu bagus. Bahkan Honda dan Yamaha juga mulai surut pasarnya," kata CEO Benelli Motor Indonesia, Stefan Kentjana Putra di Bali pertengahan Oktober 2018.

Baca: Benelli 502c Mirip Ducati Diavel Nyaman Buat Harian Maupun Turing

Ia menyebut telah memiliki pengalaman melawan gajah lewat produknya skuter matik Zaffero yang harus mengakui kekalahannya. Zaferro kini telah kalah dari Yamaha Nmax, Honda PCX dan Yamaha Xmax. Kini, penjualan Zaffero tidak menggembirakan. Ia juga menyebut produsen sepeda motor Jepang seperti Kawasaki pun memilih membuat pasar baru dari pada melawan duo raksasa, Honda dan Yamaha.

Stefan mengatakan dirinya pernah disodori bebek underbone sport yang bisa bersaing dengan Yamaha MX King dan Honda Supra GTR. Bebek ini adalah RFS150, yang menjadi andalan Benelli di Malaysia. Motor ini berkapasitas 150cc berpendingin air, SOHC empat katup dan tiga busi.

Benelli Malaysia memasarkan bebek underbone RFS150 yang menjadi lawan Yamaha MX King dan Honda Supra GTR. Sumber: motomalaya.com

Dari mesin berkapasitas murni 149,8cc dengan konfigurasi 57mm x 58,7mm mampu menghasilkan tenaga 11,3 kW atau 15,5 hp pada 8.500 rpm. Underbone ini telah menggunakan 6 percepatan. Mesin ini juga sudah lolos Euro3. Kapasitas tangki mencapai 4,6 liter.

Baca: Benelli Motobi 200 Evo Versi Mini Honda Rebel, Harga Terjangkau

RFS memiliki kelebihan dibandingkan Yamaha MX King dan Honda Supra GTR, yaitu penggunaan upside down depan dengan jarak travel 88 mm sedangkan kompetitor masih model konvensional. Pada bagian belakang menggunakan suspensi monoshock buatan KYB dengan pengaturan. Pengereman mengandalkan cakram depan 240mm dan cakram belakang 220mm.

Motor Benelli ini menggunakan kombinasi ban depan 70/90 dengan ring 17 dan ban belakang 120/70 ring 17. Bebek ini tak terlalu gesit dengan jarak sumbu roda 1.325mm, ground clearance 160mm dan berat 126 kilogram.

MOTOMALAYA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT