WAG Sedulur Kebumen Bergerak Bedah Rumah Simbah Runtikah
Dian Andryanto | 26/08/2020 10:35
WAG Sedulur Kebumen Bergerak Bedah Rumah Simbah Runtikah

TERAS.ID, Kebumen - Malang tak dapat dihalang, untung tak dapat dibendung. Ini yang dialami perempuan tua yang bernama Runtikah. Di hidup sebatang kara di usia 84 tahun dengan kondisi sudah tidak bisa melihat.

Puluhan tahun simbah Runtikah hidup sendiri, setelah anak dan suaminya meninggal. Tanah miliknya yang hanya sepetak itu menjadi tempat tinggalnya, meski keadaannya tak layak huni. Bangunan rumah dari papan itu sangat memprihatinkan keadaannya.



Foto-foto: Dok. Humas Polres Kebumen

Kisah mbah Runtikah, kemudian dikabarkan di beberapa media massa dan menjadi pembicaraan di media sosial. Tak sedikit kemudian yang menaruh simpati untuk membantu mbah Runtikah dari beban hidupnya, beberapa donatur dari berbagai daerah ikut mengulurkan bantuan.

WAG Sedulur Kebumen tergerak pula untuk membantu membangunkan sebuah rumah yang layak huni. Didukung Pemerintahan Desa Kradenan Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen rumah itu akhirnya terwujud.



WAG Sedulur Kebumen ini terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, baik dari pimpinan daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengusaha dan juga masyarakat Kebumen yang sukses di luar kota. Rumah mbah Runtikah merupakan kegiatan bedah rumah yang ke-24, termasuk dilengkapi dengan satu set perabot dan tempat tidur, serta peralatan masak.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan turut hadir dalam peyerahan kunci rumah renovasi mbah Runtikah, Senin 25 Agustus 2020. "Tadi saya minta kepada ibu Runtikah, untuk ikut mendoakan Kebumen semoga situasi Kamtibmas kondusif. Selanjutnya tadi Ibu Rutinkah memberikan petuah bijak kepada kami, yang intinya harus peduli kepada masyarakat kecil,” katanya sembari mencium tangan perempuan renta itu.



Selain Kapolres Kebumen turut menyaksikan adalah Dandim 0709 Kebumen bersama anggotanya. Letkol Matondang Prawiranegara mengaku bangga bisa bertugas di Kebumen yang kehidupan masyarakatnya masih kental dengan gotong royong ini. Juga, pengusaha yang juga tokoh di WAG Sedulur Kebumen, Sugeng Budiawan, "Semoga sedikit aksi kami, menjadi mbah Runtikah bisa berbahagia di usia senjanya, katanya”

HARDI NUGROHO / SDA


BERITA TERKAIT