Binawan Serahkan Faceshield dan Masker untuk Anak-anak Pasien Covid-19 Diberbagai RS di Jakarta
Dian Andryanto | 18/07/2020 12:40
Binawan Serahkan Faceshield dan Masker untuk Anak-anak Pasien Covid-19 Diberbagai RS di Jakarta

TERAS.ID, Jakarta –  Universitas Binawan Jakarta yang diwakili Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan dan Kebidanan menyerahkan bantuan Faceshield atau  alat pelindung wajah dan masker untuk anak yang dirawat di beberapa Rumah Sakit di Jakarta antra lain RS UKI, RS PasarRebo dan RS Budi Asih  sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 pada anak.

Rentang usia anak dalam keperawatan yaitu usia 0 – 18 tahun sehingga alat pelindung diri yang diberikan Prodi Profesi Ners mulai dari usia bayi hingga remaja.


Penularan Covid-19 menurut WHO saat ini masih melalui airborne dan mulai ada isu melalui ‘udara’ sehingga sebagai Ners atau perawat diharapkan dapat mengedukasi masyarakat yang sakit dan dirawat di rumah sakit untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat mengingat terbatasnya ruang perawatan di rumah sakit dan jarak antar tempat tidur yang harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien saat ini.

Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan dan Kebidanan Universitas Binawan telah sejak awal melakukan edukasi pada dosen, mahasiswa, perawat dan masyarakat umum yang membutuhkan informasi mengenai perawatan Covid-19 melalui teknologi informasi yaitu webinar yang diselenggarakan pada bulan Mei dan  mengangkat tema “Save The Children During Covid-19 Pandemic”.

RangkaianKegiatan selaras seperti penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi dan hal ini terus berlanjut hingga saat ini yaitu realisasi pemberian bantuan/donasi berupa alat pelindung diri yang dibutuhkan oleh pasien dan sejawat Ners.

Webinar Keperawatan tersebut menampilkan tiga narasumer yaitu praktisi klinik perawatan dari RSCM membahas penatalaksanaan perawatan pasien anak di rumah sakit, praktisi klinik dari Fairfield  Hospital Australia yang membahas mengenai skrining anak dengan COVID-19 serta akademisi dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia membahas cara merawat anak agar tetap sehat dan memiliki imunitas yang baik selama masa pandemi.

Pada kegiatan tersebut disediakan jalur donasi untuk membantu sejawat Ners dan masyarakat terdampak Covid-19 yang didistribusikan ke Rumah Sakit rekanan Universitas Binawan dan masyarakat sekitar yang merupakan wilayah binaan Universitas Binawan.

Sebelumnya, Ketua Program Studi Profesi Ners Yuli Utami memberikan apresiasi terhadap upaya dosen prodi Ners dalam rangka mendukung tugas pokok pemerintah menurunkan angka Covid-19 di Jakarta  melalui program pengabdian masyarakat ini “terimakasih kepada dosen prodi Ners yang telah melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat serta mendistribusikan bantuan dari para donatur dermawan. Alhamdulillah..semoga Lelah ini menjadi Lillah bagi para dosen selain tugas utamanya yaitu mengajar” pungkas Yuli Utami.

Berdasarkan #Update data dari BNPB bahwa Perkembangan COVID-19 di Indonesia per tanggal 17 Juli 2020 pukul 12.00 WIB. Jumlah kasus terkonfirmasi positif #COVID19 di Indonesia menjadi 83.130 kasus dengan 41.834 sembuh 3.957 meninggal. Oleh karena itu masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan kedisiplinan dengan menerapkan protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan jaga jarak ketika berada di kerumunan.

NANI ASNA DEWI / SDA


BERITA TERKAIT