KM Lestari Maju yang Tenggelam Bawa Uang Gaji ASN Selayar Rp 30 Miliar
KABARMAKASSAR.COM | 03/07/2018 20:10
KM Lestari Maju yang Tenggelam Bawa Uang Gaji ASN Selayar Rp 30 Miliar
Foto amatir dari masyarakat saat momen tenggelamnya KM Lestari Maju pada Selasa, 3 Juni 2018.(Ist)

KabarMakassar.com -- Tenggelamnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju yang membawa Rp 30 Miliar dana Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Selayar dari Bank Sulselbar dipastikan tidak akan berdampak pada jadwal pemberian gaji bagi ASN Kabupaten Selayar. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak Bank Sulselbar di Kantor Bank Sulselbar Dr. Sam Ratulangi No. 16 Kota Makassar pada Selasa, 3 Juli 2018.

Pimpinan Treasury Bank Sulselbar, Irma Yanti Sultan mengkonfirmasi kebenaran informasi tenggelamnya dana ASN sebesar Rp 30 Miliar bersama KM Lestari Maju di Laut Ujung Paba'dilang, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

"Memang benar dana Rp 30 Miliar untuk ASN Selayar berada di KM Lestari Maju saat insiden tenggelam. Namun kami tidak memiliki kontak sama sekali di lokasi kejadian. Satu jam lalu kondisinya masih tidak sepenuhnya karam," jelas Irma kepada Redaksi KabarMakassar.com.

Baca juga:KMP Lestari Tenggelam, Duit Bank Sulselbar Raib Rp30 M

Kapal yang mengangkut kendaraan dan penumpang itu tenggelam di antara pulau Pasi dan pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar. Kapal penumpang jenis feri ini berangkat dari pelabuhan Bira, Bulukumba pada pukul 10:00 Wita dan pada pukul 14:30 Wita kapal feri yang memuat ratusan penumpang serta kendaraan ini mengalami masalah berupa kebocoran.

Irma menjelaskan kondisi staff dan pihak keamanan dana Bank Sulselbar dipastikan selamat, hanya saja hingga saat diwawancarai Redaksi KabarMakassar.com pada pukul 17:25 Wita, terdapat satu orang pihak security sekaligus sopir mobil yang berisikan uang ASN Selayar di bibir kapal.

"Tapi kami sudah koordinasi dengan polisi laut, dua polisi, dan satu orang staff sudah diamankan. Terakhir komunikasi kami dengan polisi laut untuk selamatkan sopir kami yang sedang berada di bibir kapal saat karam" jelasnya.

Irma menambahkan dana Rp 30 Miliar juga tidak akan mempengaruhi kinerja Bank Sulselbar berkat telah diasuransikannya dana tersebut.

"Dana itu sendiri, dari sisi bisnis sudah di cover, sudah dimitigasi dengan asuransi. Kami sadar akan resiko selalu ada baik di darat dan laut
dari sisi bisnis kami tidak mengalami masalah," tambahnya.

Irma juga menjelaskan tenggelamnya dana untuk ASN Selayar juga tidak akan mempengaruhi jadwal gajian.

"Concern manajemen bank adalah bagaimana komitmen kami kepada nasabah terkhusus ASN dan Pemerintah Kabupaten Selayar, meski ini force major. Kami tetap tidak akan menunda pembayaran gaji pada ASN. besok kami upayakan besok mereka sudah terima," tutur Irma.

Perlu diketahui, dana Rp 30 Miliar berada dalam mobil Bank Sulselbar di dalam KM Lestari Maju yang tenggelam di perairan Selayar.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT