Penangkapan 19 Tersangka Teroris, FPI Makassar: Mereka Tidak Tedaftar sebagai Anggota Laskar FPI
KABARMAKASSAR.COM | 08/02/2021 15:45
Penangkapan 19 Tersangka Teroris, FPI Makassar: Mereka Tidak Tedaftar sebagai Anggota Laskar FPI

KabarMakassar.com -- Front Pembela Islam (FPI) Makassar, Sulawesi Selatan akhirnya angkat bicara perihal berita tuduhan anggotanya masuk dalam jaringan teroris beberapa waktu lalu.

Secara tegas pihaknya membantah jika jaringan teroris yang dibekuk di Makassar itu bukanlah laskar organisasi FPI.

“Saudara AA tidak perna terdaftar sebagai anggota/ Laskar Front Pembela Islam (FPI) Makassar maupun di Kota/Kabupaten  lainnya yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan,” tegas Agus Salim Selaku sekretaris FPI Makassar, Jumat (5/2).

Sebelumnya diberitakan, 19 tersangka teroris mengaku sebagai anggota FPI, pengakuan salah satu tersangka, AA, ia pernah ikut baiat dukungan kepada ISIS yang dilakukan di bekas Markas Daerah Laskar FPI di Jalan Sungai Limboto Makassar .

Agus juga membantah pernyataan AA yang mengaku pernah mengikuti acara baiat dukungan kepada ISIS yang dilakukan di bekas markas FPI itu.

“Adapun acara yang dilaksanakan pada saat itu adalah diskusi umum terkait kondisi perpolitikan dunia secara global yang dihadiri oleh 3 orang narasumber yakni  Munarman, Ustaz M Basri dan Ustadz Fauzan,” katanya

Tidak hanya itu, Agussalim berharap pihak kepolisian harus bisa membedakan pernyataan pelaku antara pernah mengikuti kegiatan FPI Makassar dengan menjadi anggota FPI, menurutnya itu dua hal yang sangat berbeda.

“Acara taklim rutin yang dilaksanakan setiap Sabtu setelah shalat isya adalah acara yang terbuka untuk umum, sehingga siapapun bisa hadir dan ikut dalam acara taklim rutin tersebut,” tambahnya.

Sejak Kamis (4/2/2021) lalu, para tersangka teroris itu dipindahkan ke Jakarta, mereka ditahan di Rutan Cikeas untuk memudahkan penyidikan.

Jauh sebelumnya, informasi tentang tersangka adalah bagian dari FPI Makassar telah digaungkan oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam. Ia mengatakan 19 tersangka teroris yang ditangkap itu terlibat atau menjadi anggota FPI di Makassar, mereka sangat aktif dalam kegiatan FPI di Makassar.

“Kalau disini dari hasil pemeriksaan yang ditangkap anggota dan simpatisan, hampir semuanya simpatisan dan anggota FPI Makassar seperti pengakuan mereka sendiri,” ucapnya.

KABARMAKASSAR.COM


BERITA TERKAIT